Comscore Tracker

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini Dulu

100 juta bukan hal yang mustahil kok

Masih ingat gak sih, semasa kecil kamu pernah nabung pakai celengan tanah liat, kaleng atau plastik? Lalu, beranjak remaja kamu beralih menabung di bank. Tapi setelah kamu dewasa, menabung kok rasanya jadi sulit ya? Bukan karena mediumnya, tapi masalah cara kamu mengatur finansial.

Sering kali, kamu terjebak sama ‘self-reward’ yang ujung-ujungnya bikin gagal nabung. Nah, kalau kamu punya goals ingin punya tabungan 100 juta di usia produktif. Cek dulu yuk, kira-kira #NabungGayaKamu termasuk yang mana ya?

1. SAVER NEVER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial sedang liburan (Shutterstock/Sellwell)

Sering ngerasain kalau pas tanggal gajian, uangmu seperti berkata “permisi, numpang lewat”. Itu artinya, kamu termasuk tipe saver never nih. Salah satu tanda bahaya, dan makin membuat kamu menjauh dari financial freedom

Kamu sering gak hati-hati saat memakai uang, cenderung menghabiskan uang untuk menunjang kehidupan sosial tanpa perhitungan. Seperti sering nongkrong di kafe, belanja, jajan, dan sebagainya. Tanpa terasa pas tanggal tua, dompet udah kosong melompong.

Baca Juga: 5 Tantangan saat Menabung di Rumah, Uang Rawan Terpakai

2. FINANCIAL (DAY) DREAMER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial sedang melihat financial plan (Shutterstock/faungfupix)

Well, salut sih kamu udah punya target menabung untuk impian besarmu. Tapi di sisi lain, gangguan nabungnya juga kenceng nih. Karena banyak mau, tabunganmu jadi stagnan dan gak nambah-nambah deh.

Sering terjadi, pengeluaranmu gak sesuai dengan rencana keuangan ideal, sehingga tabungan butuh waktu yang lama buat bertambah. Tapi, IDN Times percaya kamu punya saving instinct yang cukup buat bekal punya tabungan Rp100 juta!

3. ON-OFF SAVER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial sedang traveling (Shutterstock/PR Image Factory)

Siapa nih di antara kamu yang nabungnya sering ‘angot-angotan’ alias musiman? Kadang kalau lagi pengen aja, bahkan kalau punya tujuan tertentu aja. Nah, kalau itu sering terjadi berarti kamu masuk tipe menabung on-off saver!

Sebenarnya, kamu punya potensi kok bisa nabung sampai 100 juta. Asalkan kuncinya kamu bisa konsisten. Bisa dimulai dengan menabung jangka pendek ya, agar nantinya kamu bisa rasakan financial freedom demi masa depan.

Untuk awalan, IDN Times bakal kasih tahu caranya! Kamu bisa coba mulai bangun kebiasaan nabung pakai City of TMRW yang bikin nabung bisa seasyik main game. Semakin banyak tabunganmu, semakin berkembang kotamu. Nabung jadi makin seru, cobain yuk!

4. SMART SAVER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial pandai menabung (Shutterstock/Backgroundy)

Bisa atur keuangan dengan bijak, gak pelit tapi bisa lebih peka dengan keadaan, detail dengan harga barang yang ingin dibeli adalah ciri-ciri tipe menabung smart saver. Kebiasaan rutin setor uang, dan jago nahan keinginan belanja jadi trik kamu untuk nabung nih. 

Kalau sudah begini, goals punya tabungan 100 juta makin ‘real’ buat digapai. Salut banget deh sama kamu! Eits, tapi jangan sampai kendor ya. Kamu perlu bikin tabunganmu bertambah terus dengan pakai deposito yang menawarkan bunga menarik kayak TMRW Power Saver.

Untuk memulainya, kamu bisa mulai deposito dengan jumlah minimum Rp8.000.000,- aja lho. Jangka waktu bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, dari 1, 3, 4, 5, 9, dan 12 bulan. Selain itu, kamu juga bisa tarik tunai lebih awal tanpa ada biaya penalti. 

Yuk, langsung donwload dan buka rekening plus buka tabungan deposito di aplikasi TMRW.

5. MONEY KEEPER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial sedang menghitung pengeluaran (Shutterstock/Dragon Images)

Menabung bikin kamu merasa aman dan selalu berusaha keras untuk menemukan cara untuk konsisten menabung. Hampir gak ada ‘kebocoran’ dompet & celah cuan udah kamu kuasai, tinggal jaga keuangan lebih berimbang pakai metode 50:30:20 untuk nabung deh.

Tentu saja, 50% untuk kebutuhan, 30% keinginan, dan 20% tabungan. Fair enough ya, semua kebutuhan bisa tercukupi dengan baik. Gak heran deh, kamu memang jagonya nabung!

6. WELL PLANNER

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluMillennial sedang membuat rencana keuangan (Shutterstock/Syda Productions)

Tipe well planner ini, punya segudang strategi dan terencana. Kamu tahu mimpi yang ingin dikejar dan paham cara mengelola keuangan dan mewujudkannya. Berhak banget kamu dapat julukan master finansial. Jangan berhenti di sini dan teruskan misimu. Sekarang saatnya kamu ‘puterin’ lagi tabunganmu untuk cari celah cuan! 

Rekomendasi untuk kamu, yuk nabung di deposito TMRW Power Saver yang bunganya menarik, jangka waktunya flexible, dan kasih no early withdrawal fee. Sehari-harinya kamu bisa pakai City of TMRW untuk pengalaman nabung seseru main game juga lho!

Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini DuluCampaign #NabungGayaKamu (Dok.OUB TMRW)

Dari keenam gaya menabung di atas, kira-kira kamu termasuk yang mana? Kalau kamu masih bingung, cari tahu #NabungGayaKamu lewat kuis seru dari TMRW dengan klik di sini. Dan jangan lupa download aplikasi TMRW, sekarang juga! (WEB)

Baca Juga: 4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya