Comscore Tracker

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam Diri

Bangga dengan diri sendiri berbeda dengan sombong, lho

Dalam arti positif, kebanggaan diri berkaitan dengan harga diri, inspirasi, dan memiliki pola pikir bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu. Bangga dengan diri sendiri ternyata berbeda dengan kesombongan. Jika kesombongan adalah menganggap bahwa diri sendiri yang paling hebat, maka kebanggaan diri tidak seperti itu.

Bangga dengan diri sendiri berarti masih bisa menghargai dan menghormati orang lain. Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kebanggaan diri? Ini lima jawabannya. Disimak, ya!

1. Belajarlah untuk mandiri

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam DiriUnsplash/Nghia Le

Sikap mandiri merupakan sikap yang bisa membuatmu bangga akan dirimu sendiri. Dengan mandiri, kamu gak akan terlalu sering merepotkan orang lain.

Bahkan dengan kemandirian yang kamu miliki, kamu bisa menjadi penolong bagi orang lain yang mungkin saja membutuhkan pertolongan kamu.

Nah, jika kamu dapat hidup mandiri, maka orang lain pun juga akan segan terhadapmu. Dengan kemandirian, kamu juga akan bisa menumbuhkan kepercayaan dirimu sendiri.

2. Jalani apa yang membuatmu bahagia

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam DiriUnsplash/Aditya Saxena

Kamu pasti memiliki passion atau gairah yang dapat membuatmu bahagia, entah itu hobi, pekerjaan, maupun profesi lainnya yang mungkin bisa kamu jalani semasa hidupmu.

Jika kamu ingin menumbuhkan kebanggaan diri, kamu bisa menjalani sesuatu yang membuatmu bahagia. Namun ingat, apa yang kamu lakukan tersebut tidak boleh melanggar hak-hak orang lain.

3. Lakukan dengan caramu sendiri

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam DiriUnsplash/Nathan McBride

Jalani hidup dan lakukan sesuatu dengan caramu sendiri, selama tidak melanggar hukum maupun norma yang ada di masyarakat. Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih bangga dengan dirimu sendiri.

Memang untuk mewujudkannya tidak mudah, namun selama kamu niat untuk manjalani hidup dengan caramu sendiri, kamu pasti bisa. Hal ini juga akan membuatmu dihargai dan dihormati oleh orang lain. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu menjadi orang yang gila hormat.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Orang yang Selfless, Abai pada Kepentingan Diri Sendiri

4. Peka terhadap lingkungan sekitar kamu

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam DiriUnsplash/Anna Earl

Apalah artinya kebanggaan diri jika kamu tidak peduli dengan lingkungan sekitarmu? Yup, justru dengan perhatian kamu terhadap keluarga dan teman-temanmu yang membutuhkan, di situlah kebanggaan diri akan muncul secara positif.

Dengan peduli terhadap sesama, kamu juga akan merasa bahwa kamu tidak sendiri. Kamu juga akan belajar bahwa saling membantu, menolong, dan bahkan saling menopang satu sama lain itu lebih penting dari hanya sekadar menumbuhkan kebanggaan diri semata.

5. Jadilah diri sendiri

5 Cara Agar Kamu Menumbuhkan Kebanggaan dalam DiriUnsplash/Laurenz Kleinheider

Kamu diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu, dan kamu bisa menjadi dirimu sendiri dengan bangga. Bersyukurlah terhadap apa yang kamu raih selama hidupmu.

Selain membuatmu bangga, menjadi diri sendiri akan meningkatkan rasa percaya diri kamu, dan tentu akan membuatmu selalu berpikiran positif.

So, kalau kamu ingin merasa bangga dengan dirimu sendiri, maka jadilah diri sendiri dan syukuri segala sesuatu yang telah kamu raih selama hidupmu.

Itulah lima cara yang dapat kamu lakukan supaya kamu bisa menumbuhkan kebanggaan diri secara positif. Semoga dapat menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: 7 Hal Ini Dapat Membuatmu Lebih Mencintai Diri Sendiri, Yuk Lakukan!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya