Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental Sehatmu

Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan depresi

Stres merupakan hal yang normal dan dapat dialami oleh semua orang tanpa terkecuali. Namun, stres pada tingkat yang sangat berat akan mengakibatkan kesehatan mental seseorang menjadi terganggu. Apalagi di saat-saat seperti ini, di mana wabah pandemi COVID-19 telah memengaruhi berbagai macam sendi kehidupan banyak orang.

Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan supaya kamu tidak terlalu stres dalam menghadapi segala rutinitasmu sehari-hari. Tenang saja, karena cara-cara ini tidak melibatkan obat-obatan, kok. Penasaran, kan? Yuk, disimak!

1. Hindari begadang

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental Sehatmuthriveglobal.com

Tahukah kamu bahwa begadang dapat membuat mentalmu lebih stres dari biasanya? Ya, sering tidur hingga larut ternyata tidak baik bagi kesehatan mental kamu, seperti dicatat dalam Harvard Medical School. Rupanya, kualitas tidur sangat berkorelasi dengan kesehatan mental seseorang.

Begadang mengakibatkan kesehatan mental menjadi terganggu, sebaliknya, dengan mental yang terganggu, seseorang akan sulit untuk tidur. Hubungan sebab akibat ini dapat dicegah sedini mungkin dengan cara mengatur jam tidur malam. Jika memang tidak ada sesuatu yang mendesak, sebaiknya tidurlah tepat waktu.

2. Bangun pagi dan segarkan tubuh dengan aktivitas pagi yang menyehatkan

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental SehatmuUnsplash/Bruce Mars

Malas bangun pagi rupanya juga menjadi salah satu penyebab stres yang kamu alami akan bertambah berat. Kalau kamu ingin mengurangi dampak negatif dari stres yang kamu alami, cobalah untuk bangun lebih pagi dan lakukan kegiatan yang menyehatkan.

Seperti dicatat dalam Anxiety and Depression Association of America, kegiatan olahraga ringan dapat membantu seseorang mengurangi tingkat stres. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari, tentu saja selain menyehatkan fisik kamu, kegiatan tersebut juga akan menjaga kesehatan mental kamu.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! 

3. Selalu bersyukur

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental SehatmuUnsplash/Ben White

Bersyukur dapat mengurangi stres secara signifikan, gak percaya? Sebuah studi dan penelitian empiris yang juga ditulis dalam Mental Health First Aid mengungkap bahwa rasa syukur dapat menjaga kesehatan mental seseorang, lho. Menurut sains, orang yang bisa selalu bersyukur ternyata dapat mengontrol tingkat stres yang ia alami dengan baik.

Hal ini dapat terjadi karena dengan bersyukur, pada dasarnya kita sudah menikmati hidup ini apa adanya. Dengan begitu, hormon-hormon positif dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan merangsang mental untuk selalu berpikir positif. Nah, cukup sederhana, kan? Kamu pun pasti bisa melakukannya setiap hari karena sebetulnya ada banyak yang bisa kamu syukuri dalam hidupmu.

4. Jangan forsir fisik dan pikiranmu pada sesuatu

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental Sehatmuearth.com

Bekerja keras itu wajib, tapi memforsir fisik dan pikiranmu adalah sebuah kebodohan. Bagaimana pun, fisik dan otak kita pasti memiliki batasan tertentu. Jika kamu selalu memaksa fisik dan pikiran kamu sampai melebihi batasnya, maka yang terjadi adalah stres dan depresi yang mungkin akan sulit untuk disembuhkan.

Bagaimana cara supaya kita tidak memforsir fisik dan pikiran kita? Kita harus memiliki hidup yang seimbang, seperti ditulis dalam Mental Health. Dengan menyeimbangkan hidup, kita dapat dengan mudah mengatur dan menjaga pikiran kita agar tidak melayang ke mana-mana. So, kalau kamu sayang dengan kesehatan fisik dan mentalmu, maka seimbangkan hidupmu.

5. Tanamkan keyakinan bahwa segala hal yang buruk pasti akan berlalu

5 Cara Sederhana Mengatasi Stres Berlebih, Penting bagi Mental SehatmuUnsplash/Debby Hudson

Tidak ada yang abadi di dunia ini, begitu juga dengan segala masalah yang kamu hadapi saat ini. Nah, peganglah prinsip tersebut dan tanamkan menjadi sebuah keyakinan. Jika kamu sudah yakin akan hal itu, maka kamu akan berpikir dengan jernih dan mungkin malah dapat menyelesaikan masalahmu satu per satu.

Dengan menanamkan keyakinan positif tersebut, kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan tidak mudah terserang stres berat atau bahkan depresi. Belajarlah dari orang-orang bermental baja yang mungkin kisah-kisahnya dapat menginspirasi kamu. Apalagi kamu masih muda, jangan sampai perasaan stresmu menjadi penghalang dalam berkreativitas.

Itulah beberapa cara sederhana yang rupanya dapat mengurangi tingkat stres kamu. Gimana? Kamu pasti bisa melakukan cara-cara sederhana tersebut, kan!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluang

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya