Comscore Tracker

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian Diri

Kesabaran dan kedewasaan adalah kunci dari pengendalian diri

Pengendalian diri adalah sebuah sifat atau karakter diri yang berkaitan dengan seberapa mampu seseorang dapat menguasai dirinya sendiri dalam berbagai macam kondisi yang di alami.

Terkadang dewasa secara usia tidak menjadikan seseorang bisa memiliki pengendalian diri yang bagus. Butuh proses yang tidak sebentar, dan butuh sikap yang berbesar hati untuk menumbuhkan pengendalian diri yang bagus.

Inilah lima cara yang dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan pengendalian diri, apa saja ya?

1. Banyaklah bersabar diri

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian DiriUnsplash/Christian Erfurt

Sabar dalam segala hal yang terjadi tentu saja tidaklah mudah. Namun jika kamu ingin mengembangkan pengendalian dan penguasaan diri, kamu harus belajar untuk selalu bersabar.

Dengan bersabar kamu bisa lebih merasa legowo dan ikhlas dalam menerima kondisi, sepahit apa pun itu. Mungkin kamu tengah mengalami persoalan berat dalam hidupmu, namun bersabarlah, dan yakinlah bahwa segala sesuatu akan berlalu.

Bersabar juga menunjukkan bahwa kamu mampu bersikap dewasa meskipun secara usia kamu masih tergolong muda. So, mulailah dari sekarang untuk melatih kesabaranmu, karena sabar adalah langkah awal untuk membangun penguasaan dan pengendalian diri.

2. Tumbuhkan rasa percaya diri

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian DiriUnsplash/Aditya Saxena

Rasa percaya diri sangat penting untuk pengendalian diri kamu. Dengan percaya diri, kamu bisa dapat dengan mudah mengambil kendali atas situasi yang tengah kamu hadapi.

Namun ingat ya, jangan percaya diri terlalu berlebihan, karena jatuhnya bisa menjadi sifat sombong. Percaya diri artinya menganggap diri sendiri mampu sesuai dengan kapasitasmu.

Mungkin ada kalanya kamu grogi atau merasa sangat tidak percaya diri, namun kamu bisa belajar secara perlahan. Dengan berjalannya waktu dan pengalaman kamu, maka kepercayaan diri kamu juga akan terbangun dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Sabar, Cocok Jadi Pendamping Terbaik

3. Batasi ikut campur urusan orang lain

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian DiriUnsplash/Mimi Thian

Jangan terlalu mengurusi urusan orang lain, dan sedapat mungkin kamu menjadi pihak pendengar yang baik. Jika kamu selalu bertanya, memberi kritik, dan selalu ingin tahu, kamu akan dianggap sebagai orang yang menjengkelkan dan tidak bisa mengontrol dirimu sendiri.

Hargai setiap keputusan dan persoalan hidup yang dihadapi oleh orang lain, meskipun itu adalah teman atau keluargamu sendiri. Jika kamu diminta bantuan, maka bantulah mereka semampu kamu.

4. Miliki prinsip hidup

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian DiriUnsplash/Priscilla Du Preez

Prinsip akan nilai atau norma dalam hidup bisa kamu pegang untuk dijadikan dasar dalam kehidupan kamu. Biasanya prinsip-prinsip ini sejalan dengan komitmen kamu dalam menjalani hidup.

Jika kamu bisa dengan tegas memegang komitmen dan prinsip hidup, maka kamu juga sudah bisa dewasa dalam berpikir. Secara tidak langsung kamu juga dapat menguasai dan mengendalikan diri kamu secara matang.

5. Bertanggung jawab dengan dirimu sendiri

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Pengendalian DiriUnsplash/Product School

Belajarlah untuk bertanggung jawab dengan dirimu sendiri. Tanggung jawab adalah bukti nyata jika kamu telah dewasa secara mental, dan juga bukti bahwa kamu dapat menguasai dan mengendalikan diri kamu sendiri.

Mungkin kamu belum bisa bertanggung jawab terhadap sesuatu yang besar, namun dalam hal kecil kamu juga bisa kok bertanggung jawab. Jangan menunggu usia dewasa, bertanggung jawablah terhadap diri sendiri sedini mungkin.

Itulah lima cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan pengendalian dan penguasaan diri. Semoga dapat membantu dan menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: 5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya