Comscore Tracker

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJ

Si langka sejumlah satu persen di seluruh dunia

Introversion, Intuition, Feeling, dan Judging (INFJ) adalah sebuah kepribadian menurut sistem Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers.

Setidaknya ada enam belas tipe kepribadian yang dimiliki manusia di dunia ini menurut MBTI. Kepribadian inilah yang nantinya digunakan oleh seseorang dalam melihat dunia dan menentukan keputusan. Namun, tahukah kalian bahwa INFJ adalah kepribadian yang paling langka di antara kepribadian lainnya?

Unik dan langka adalah kata yang tepat untuk mereka si INFJ. Populasi INFJ hanya ada sekitar satu persen dari seluruh populasi manusia di dunia. Berikut adalah beberapa keunikan seorang INFJ yang jarang diketahui.

1. Intuisi yang kuat

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJhellogiggles.com

INFJ sering kali mendapat julukan peramal dari teman atau orang-orang disekitarnya. Semuanya karena intuisi mereka yang sangat kuat. Dalam situasi tertentu, INFJ bisa mengatakan apa yang akan terjadi tanpa dikira.

Tentu, sebagian orang mengatakan hanya kebetulan saja. Namun, apakah kebetulan selalu berulang terjadinya? Lebih lanjut, mereka cenderung memperhatikan hal kecil yang sering orang abaikan. Kemudian mereka akan membuat hal itu sebagai pola. Hasilnya, mereka akan tau hal apa yang akan terjadi. 

2. Pribadi perasa

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJpexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Unsur F pada INFJ tidak perlu diragukan keberadaanya. Mereka memiliki respon yang peka terhadap perasaan orang lain di sekitarnya. Ketika orang lain merasa sedih, INFJ akan merasa dirinya adalah orang yang sedang sedih tersebut. Hal ini tak selalunya baik, lho. Hal ini karena bagaimana perasaan mereka akan dipengaruhi orang sekitarnya.   

Baca Juga: 5 Hal Ini Biasanya Bikin INFJ Sakit Hati, Apa Saja Sih?

3. Si perfeksionis nan keras kepala

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJentrepreneur.com

INFJ memiliki standar yang tinggi akan sesuatu untuk dirinya sendiri. Namun, standar ini juga berlaku untuk keluarga dan orang-orang sekitarnya. Hal ini menyebabkan mereka keras kepala dan mudah kecewa.

Perasaan kecewa kerap kali muncul ketika hasil yang diusahakannya mungkin cukup bagi orang lain, namun tidak cukup tinggi sebagaimana targetnya. 

4. Mempertanyakan tujuan dan alasan

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJfreepik.com/freepik

INFJ akan mempertanyakan tujuan dan alasan mengapa sebuah tugas dikerjakan. Mereka suka sesuatu yang jelas dan pasti tujuan, arah, dan manfaatnya. Kejelasan dan kepastian itulah yang mendorong mereka bekerja dengan giat dan baik.

Ketika mereka tidak mendapat alasan dan tujuan yang jelas dalam mengerjakan sesuatu, INFJ akan cemas dan khawatir. 

5. Pemelihara perdamaian

Sering Disangka Peramal, Inilah 5 Kelakuan Unik Si INFJunsplash.com/Ian Schneider

Prinsip INFJ adalah tidak menyinggung orang lain dan tidak suka perdebatan. Mereka akan selalu berusaha mengerti perasaan orang lain, memikirkan ucapannya, dan menjauhi perdebatan. Menurutnya, sesuatu yang telah dipercaya orang lain adalah hal yang tidak perlu diperdebatkan. 

Itulah keunikan si langka, INFJ. Jika kalian memiliki teman, pacar, atau mungkin keluarga seorang INFJ, perlakukan mereka dengan baik, ya. Mereka bukan orang aneh, tapi unik. Mereka akan berusaha mengerti orang lain dan menjadi versi terbaik dari dirinya tanpa merugikan orang lain.

Baca Juga: 6 Hal Ini Sebaiknya Jangan Kamu Lakukan pada Kepribadian INFJ

Dany Anggoro Photo Writer Dany Anggoro

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya