Comscore Tracker

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaik

Daripada benci, mending baikan

Memendam kebencian pada orang yang melakukan kesalahan pada kita pasti pernah kamu alami dong? Pertanyaannya, apakah kamu merasakan manfaat dari rasa benci itu? Jika jawabannya adalah gak, maka kamu sudah di jalan yang benar.

Memendam kebencian hanya menimbulkan mudarat baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain. Gak ada gunanya sama sekali deh yang namanya memendam benci itu. Lebih baik ikuti 5 saran berikut nih guys.

1. Bicarakan langsung

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaikpexels/rawpixel.com

Biasanya kebencian itu ada karena kesalahpahaman. Kita lupa bahwa setiap orang punya alasan tersendiri untuk melakukan sesuatu. Dan lagi, jika sudah bicara langsung, semua kebencian yang tadinya ingin ditumpahkan, lebih bisa kita tahan demi mencari jalan keluar dan solusi terbaik.

2. Insropeksi diri sebelum menyalahkan orang lain

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaikunsplash/Alexandre Chambon

Kebencian juga bisa muncul karena kita merasa sebagai yang paling benar. Hayo, siapa nih yang suka begini? Lebih baik kita duduk sendiri dan lakukan instropeksi demi menghilangkan rasa benci di dada. Siapa tahu ternyata kita lah yang salah dalam kasus ini.

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, 6 Hal Baik Ini Bisa Dipetik Saat Orang Membenci Kita

3. Dengarkan kata hatimu

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaikunsplash/Yury Orlov

Kata hati selalu mengarah kepada kebenaran. Intinya, jangan ragu dan takut untuk menanyakan segalanya pada dirimu sendiri. Dengarkan hati nuranimu dengan seksama dalam suasana hati yang tidak sedang menggebu-gebu karena emosi. Kamu pasti bisa merasakan sendiri mana yang benar dan mana yang salah.

4. Lihat dari sudut pandang yang berbeda

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaikunsplash/Maurizio Vele

Berpikirlah dari sudut pandang yang berbeda. Tempatkan dirimu di pihak sebaliknya dan juga di pihak netral. Maka, kamu bisa lebih objektif dalam permasalahan apa pun yang sedang kamu hadapi. Pikirkan juga solusi apa yang sebenarnya kamu inginkan.

5. Buka pintu maaf sebesar-besarnya

Memendam Kebencian Bukan Solusi yang Tepat, Ini 5 Jalan Keluar Terbaikunsplash/Eliott Reyna

Selanjutnya adalah menjadi pribadi yang pemaaf. Memang gak mudah untuk melakukan hal yang satu ini. Tapi sebenarnya juga gak sesulit yang kamu kira kok. Ditambah lagi, ada banyak manfaat yang akan kamu rasakan dari memaafkan orang lain.

Ketimbang memendam kebencian, bukankah 5 cara tadi terdengar lebih baik? Yuk dicoba.

Baca Juga: Agar Hati Menjadi Tenang, 5 Alasan Kamu Harus Belajar Memaafkan

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You