Comscore Tracker

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Fokus pada diri sendiri!

Gampang merasa insecure ketika melihat hidup orang lain yang sepertinya lebih indah, lebih membahagiakan, dan lebih lain-lainnya? Sebenarnya, perasaan semacam itu sangat manusiawi banget untuk kita rasakan. Namun, bukan berarti kita harus membiarkan perasaan iri dan dengki menjadikan kita sering membandingkan diri dengan orang lain, guys.

Membandingkan diri dengan orang lain gak akan pernah ada habisnya. Akan selalu ada orang lain yang memiliki kelebihan dari kita. Baik dalam hal akademis, kesuksesan, karier, dan lain sebagainya. Nah, buat kalian yang terbiasa membandingkan diri, coba deh lima cara berikut agar bisa lebih fokus pada diri sendiri. 

1. Berhenti melihat orang lain sebagai rival, lihatlah mereka sebagai inspirasi

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lainpexels/Charlotte May

Keinginan untuk membandingkan diri akan semakin besar jika kamu melihat orang lain sebagai rival atau sainganmu. Seolah-olah kamu merasa ada perlombaan gak terlihat yang harus kamu menangkan dengan orang ini. Coba ubah mindset-mu ini dengan menjadikan orang tersebut sebagai sumber motivasi. Sehingga, kamu gak pernah merasa perlu untuk membandingkan diri dengannya. 

2. Usahakan untuk berhenti mengkritik diri sendiri secara berlebihan

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lainpexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Kamu juga akan mulai merasa memiliki banyak kekurangan dan gak seunggul orang lain jika selalu mengkritik diri sendiri secara berlebihan. Semua yang kamu lihat dari dirimu sendiri hanyalah yang buruk-buruknya aja. Sehingga, orang-orang di sekitarmu terasa lebih sukses dan lebih segala-galanya.

Baca Juga: Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain agar 5 Hal ini Gak Terjadi

3. Ingatlah bahwa semua orang pasti punya kekurangan dan masalahnya masing-masing

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lainpexels/Kate Trifo

Agar gak lagi membandingkan diri, kamu juga perlu menanamkan dalam benakmu bahwa setiap orang pasti punya masalah dan kekurangan dalam hidupnya. Gak peduli seberapa kaya atau seberapa sukses seseorang itu, pasti dia menyimpan beban yang mungkin gak kamu tau. Jadi, kamu akan berhenti untuk merasa insecure atau merasa iri. 

4. Buatlah standar dan nilai dirimu sendiri

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lainpexels/Andrea Piacquadio

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita jarang banget punya standar dan nilai diri sendiri. Inilah yang menyebabkan kita gampang tergoda untuk membandingkan diri dengan orang lain. Seakan-akan semua hal yang dimiliki orang lain ingin kita miliki juga tanpa menyadari bahwa kemampuan kita gak sama dengan mereka. 

5. Seringlah memberi apresiasi pada kemajuan yang kamu buat

5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lainunsplash/Mikail Duran

Setiap hal kecil yang berhasil kamu raih, kemajuan yang bisa kamu buat, semuanya harus diapresiasi. Dengan cara ini, kamu akan semakin menghargai usaha yang kamu lakukan. Fokusmu pun akan teralih pada diri sendiri dan gak lagi sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Yakinlah bahwa kamu bisa sukses dan bersinar dengan caramu sendiri, ya.

Membandingkan diri hanyalah kegiatan yang gak akan memberi manfaat apapun. Lebih baik, mulailah lakukan sesuatu untuk masa depanmu yang lebih cerah. Pada akhirnya, kamu akan bisa melihat segalanya dengan cara yang berbeda dan mensyukuri semua yang kamu punya. Bener gak?

Baca Juga: Hati-hati, 5 Sifat Buruk Ini Tanpa Disadari Bikin Orang Lain Risih

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya