Comscore Tracker

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansial

Saat tua kaya raya, mau gak?

Bertahun-tahun bekerja tapi sampai sekarang gak punya tabungan juga? Waduh, kamu pasti bingung ya kemana aja larinya penghasilanmu selama ini. Meski gak sendirian, fenomena seperti ini adalah situasi darurat dimana kamu gak boleh duduk tenang dan diam aja. Apalagi, jika kamu terus melakukan kebiasaan yang sama tanpa berusaha melakukan perubahan. 

Pasalnya, jika diteruskan, kamu hanya akan terus bekerja dengan pola yang sama, dan tetap gak punya tabungan masa depan yang bisa menjamin kehidupan. Padahal, dalam hidup ini tentu gak ada yang pasti. Akan ada masa dimana kamu dihadapkan pada situasi tak terduga yang mengharuskanmu menggunakan tabungan. 

Nah, biar gak bingung dan galau lagi, ada beberapa tips nih yang bisa kamu terapkan. Meski sulit, lima hal berikut wajib konsisten kamu lakukan demi bisa sukses secara finansial. 

1. Meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar dan menambah ilmu

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansialpexels/Vlada Karpovich

Saat akses untuk mempelajari banyak hal bisa kamu dapatkan secara gratis dan gak berbatas seperti sekarang ini, gak ada lagi alasan buat mengelak dari yang namanya belajar otodidak. Ada banyak kemampuan atau keahlian baru yang bisa dipelajari demi menambah pemasukan. Dan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapanpun kamu punya waktu luang.

2. Menambah pemasukan dari pekerjaan utama dan sampingan

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansialpexels.com/Liza Summer

Jangan cepat puas dengan satu pekerjaan aja. Kamu perlu punya sumber pemasukan lain yang bisa menopang kehidupanmu saat situasi tak terduga terjadi. Karena, yang namanya pekerjaan, kemungkinan terburuk seperti diberhentikan tanpa alasan dan lain sebagainya bisa aja kejadian, kan? Jadi, apa salahnya punya sumber pemasukan lain? 

Baca Juga: Cara Memastikan Kesehatan Finansial sepanjang Puasa Ramadan

3. Mengurangi pengeluaran gak penting

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansialpexels/Karolina Grabowska

Konsisten dalam menyeleksi pengeluaran mana yang bisa ditekan dan dikurangi adalah salah satu kebiasaan yang juga perlu diterapkan. Cobalah mulai memikirkan alternatif lain dari pengeluaran yang bisa dikurangi tersebut.

Seperti misalnya, mengganti pengeluaran makan siang dengan bekal dari rumah. Atau, kebiasaan mengkonsumsi kopi di cafe dengan mulai membuat sendiri di rumah. Meski terlihat sepele, pengeluaranmu bisa berkurang banyak lho. 

4. Mengikuti perkembangan zaman

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansialpexels/Amina Filkins

Sebagai kamu millennial, kita wajib banget nih untuk terus update dan mengikuti perkembangan zaman. Bukan untuk gaya-gayaan aja, ini bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan juga, lho. Berbagai media sosial yang sekarang marak digunakan, bisa menjadi sumber rezeki kalau kita bisa memanfaatkannya dengan benar. 

5. Memperbanyak action, bukan hanya sekadar ucapan belaka

5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansialpexels/Ketut Subiyanto

Last but not least, jangan cuma dipikirin dan diomongin aja, kita wajib praktik! Perbanyaklah tindakan dan mulailah tanpa ragu. Kegagalan mungkin akan beberapa kali kita alami. Tapi jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk berhenti. Justru, jadikan sebagai motivasi agar kita bisa benar-benar sukses secara finansial.

Memiliki tabungan itu penting, berinvestasi untuk masa depan juga sama pentingnya. Gak ada salahnya untuk mulai mengubah kebiasaan lama dan konsisten melakukan kebiasaan baik demi diri kita sendiri juga nantinya. Siap menerapkan lima hal di atas?

Baca Juga: 5 Tips Penting Investasi Saham untuk Para Pemula, Seperti Apa?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya