Comscore Tracker

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!

Jangan marah kalau dikritik dan diberi nasihat!

Siapa pun di dunia ini pasti gak akan senang kalau dicap sebagai orang yang egois. Masalahnya, kita senang sekali melabeli orang lain dengan sifat buruk satu ini tapi kita enggan berkaca dan melihat ke diri sendiri. Jangan-jangan, ternyata kita pun memiliki sifat egois yang sudah melekat namun tidak mau kita akui.

Hayo, daripada sibuk mengoreksi orang lain, ada baiknya kita cek diri sendiri terlebih dahulu. Hindari lima hal ini biar gak dicap egois. Apa aja sih?

1. Berharap semua orang mengerti dan memahami kita

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!unsplash/Antonino Vinsalli

Orang egois adalah mereka yang merasa selalu ingin dimengerti. Dia bersikap permasalahan hidupnya lah yang paling rumit dan paling sulit, sehingga dia ingin semua orang menaruh perhatian dan memahami dirinya.

Padahal, semua orang punya masalahnya masing-masing. Kalau gak ingin dicap egois, cobalah lebih memahami orang lain daripada mengharapkan orang memahamimu.

2. Merasa tinggi dan lebih dibanding orang lain

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!unsplash/Aziz Acharki

Jika selama ini kamu merasa begitu spesial, istimewa dan lebih segala-galanya dibanding orang lain, maka perasaan ini harus segera dimusnahkan. Jika tidak, sifat egois perlahan-lahan akan bertumbuh dan berakar dalam dirimu. Karena, orang egois sering sekali merasa bahwa dirinya adalah yang harus selalu diutamakan.

3. Kurangnya kepedulian dan kepekaan

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!unsplash/Austin Distel

Kurangnya kepekaan dan kepedulian berpotensi untuk menumbuhkan sifat egois. Sebab, orang egois enggan memperhatikan orang lain dan selalu mengutamakan dirinya dalam segala hal. Jika orang lain gak mau membantunya saat sedang memerlukan bantuan, dia akan uring-uringan dan merasa semua orang gak peka.

Namun, tiba saatnya giliran orang lain yang perlu bantuan, dia beralasan macam-macam hanya agar tidak perlu membantu orang tersebut. Bukankah ini sikap yang egois sekali?

Baca Juga: 5 Hal Negatif Ketika Kamu Memiliki Sifat Egois, Yuk Berubah! 

4. Merasa selalu benar dan enggan mengakui kesalahan

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!universitam.com

Sifat merasa selalu benar juga harus dikurangi karena inilah bibit-bibit egois. Orang egois sangat alergi jika harus mengaku bahwa dia salah meskipun jelas-jelas dia tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah kesalahan. Gengsi yang terlalu tinggi seperti ini akan menghasilkan sifat egois yang susah untuk dihilangkan.

5. Hati yang terlalu keras dan enggan menerima nasihat

Buang Jauh dari Benakmu, 5 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Egois!unsplash/NeONBRAND

Gak bisa menerima kritik dan nasihat pertanda bahwa bibit egois mulai bermunculan dalam diri. Makanya, bibit ini perlu dibasmi dengan menjadi lebih rendah diri dan menerima nasihat dengan lebih lapang dada. Hindari perasaan bahwa diri ini adalah yang terbaik dan kerasnya hati saat menerima kritik. Agar keegoisan bisa terkikis dan hilang dari diri.

Egois adalah sifat buruk yang akan merugikan diri kita sendiri pada akhirnya. Gak ada orang yang ingin mendekat lagi pada akhirnya jika sifat ini dibiarkan melekat. Pangkas habis 5 sifat tadi agar kita gak jadi orang yang egois. Setuju?

Baca Juga: 5 Kalimat yang Sering Digunakan Orang Egois, Kamu Termasuk Gak?

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You