Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lain

Kenal ataupun belum, becanda ada aturannya!

Salah satu cara kita berinteraksi dengan orang lain adalah melalui bercanda atau membicarakan sesuatu yang lucu. Bagi beberapa orang, ini adalah cara yang paling menyenangkan untuk bisa membangun keakraban dengan orang lain. Namun, ternyata ada rambu-rambu dalam becanda yang harus kita perhatikan, lho.

Pasalnya, sedikit saja kita salah berucap, becandaan yang kita lontarkan bukannya membangun keakraban tapi malah memicu munculnya perselisihan. Makanya, sebelum mulai becanda dengan orang lain, perhatikan dulu lima hal berikut nih, guys.

1. Dengan siapa kamu sedang berinteraksi

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lainpexels/Christina Morillo

Meski mungkin kamu menganut paham bahwa semua orang sama saja, gak peduli miskin atau kaya, rupawan atau gak, tinggi atau pendek, kurus atau gemuk. Nyatanya, tetap ada perbedaan itu di sekitar kita. Jadi, ada baiknya kita memperhatikan hal ini sebelum mulai bercanda. Jika dia adalah atasanmu, misalnya, maka pilihlah kalimat yang lebih sopan atau menunjukkan bahwa kamu menghormatinya.

2. Situasi dan kondisi macam apa yang sedang kamu alami

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lainunsplash/Helena Lopes

Bercanda juga ada tempatnya. Saat menghadiri pemakaman, maka gak pantas dong bagi kita untuk melontarkan guyonan meski maksud hati adalah untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan. Bagaimanapun juga, situasi dan kondisi harus diperhatikan dengan baik, ya. Jangan sampai niat baikmu malah berujung bumerang.

Baca Juga: 5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya Hindari

3. Usia orang yang kamu ajak bercanda

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lainpexels/Andrea Piacquadio

Gak semua orang bisa memahami konteks bercandaan kita, lho. Inilah kenapa cukup penting untuk memperhatikan usia orang yang kita ajak bercanda. Kalau sampai salah memilih kalimat, kamu bisa aja dicap sebagai orang yang gak sopan dan gak hormat.

4. Apakah bahan bercandaanmu menyindir topik sensitif atau gak

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lainunsplash/Omar Lopez

Di Indonesia, isu yang cukup sensitif biasanya adalah mengenai agama. Sementara di beberapa negara lain, isu ras dan warna kulit adalah topik yang cukup menyinggung perasaan jika dibahas dengan cara yang gak tepat.

Di manapun itu, pasti ada isu-isu sensitif yang gak sebaiknya kamu jadikan bahan bercandaan. Pastikan kamu tahu hal ini sebelum mulai menjadikannya lelucon ya, guys.

5. Apakah lawan bicaramu sedang dalam suasana hati yang baik

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bercanda dengan Orang Lainpexels/Snapwire

Suasana hati seseorang biasanya mudah terlihat dari raut mukanya. Sebelum kamu mulai melontarkan bercandaan yang menurutmu bisa menghidupkan suasana, ada baiknya mengamati suasana hati orang yang kamu ajak bicara terlebih dahulu. Daripada nanti kamu menyesal karena sudah membuat suasana jadi gak nyaman.

Bercanda memang selalu ampuh untuk membangun keakraban dengan seseorang terutama orang yang baru kita kenal. Melalui bercanda, kita juga jadi tahu apakah orang tersebut nyambung dan cocok sama kita atau gak. Tapi ingat, sebelum bercanda, perhatikan lima hal di atas terlebih dahulu ya.

Baca Juga: 6 Alasan untuk Gak Berlebihan dalam Bercanda, Hati-hati Ya! 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya