Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiri

Kenali dirimu lebih jauh!

Kesalahan yang paling sering dilakukan orang di zaman sekarang adalah terlalu sibuk melakukan hal lain di luar sana hingga lupa untuk mempedulikan dirinya sendiri. Banyak orang yang kita kenal dengan baik hingga kita ketahui kebiasaannya, kegemarannya, hobinya, tapi kita lupa mengenal diri sendiri sebaik itu.

Bahkan, kita lebih sering mengabaikan tanda-tanda yang dikirimkan oleh diri kita saat lelah, saat terlalu diforsir, dan saat mencapai batas kemampuan. Hingga akhirnya hal-hal yang gak diinginkan seperti jatuh sakit, dilanda kekecewaan, dan lain sebagainya pun terjadi. Gak cuma itu aja, ini nih lima dampak lain yang akan kamu alami jika gak mengenal batasan diri sendiri dengan baik. 

1. Berekspektasi berlebihan pada diri sendiri

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiriunsplash/Martino Pietropoli

Saat kamu gak mengetahui batasan dirimu, sangat mungkin pada akhirnya kamu mulai memasang ekspektasi yang berlebihan pada diri sendiri. Kamu mulai membuat harapan-harapan yang sebenarnya gak mungkin bisa kamu raih. Pada akhirnya, kekecewaan akan datang menghampiri dan kamu malah menyalahkan keadaan. 

2. Melakukan hal-hal belum mampu dilakukan sendirian

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiripexels.com/Allan Watson

Mengenal batasan diri juga penting agar kamu gak melakukan tindakan ceroboh seperti melakukan hal-hal yang belum mampu dilakukan sendirian. Tindakan yang dimaksud bisa berupa keputusan tanpa pemikiran panjang, hingga aktivitas fisik yang bisa membahayakan jiwa. Waduh, jangan sampai kamu begini ya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Tegar Saat Menghadapi Cobaan Hidup

3. Rentan terhadap kegagalan

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiripexels/Andrea Piacquadio

Mengenal batasan diri menjadikan kita manusia yang lebih hati-hati. Apapun keputusan berat yang ingin kita ambil, akan melalui pemikiran mendalam dan yang pasti akan kita sesuaikan berdasarkan kemampuan kita sendiri. Sementara jika gak tahu batasan diri, tentu kita akan mudah terjebak dalam keputusan yang keliru dan berakhir pada kegagalan.

4. Enggan menerima masukan dan merasa selalu benar

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiripexels/Alex Green

Menjadi orang yang egois dan keras kepala akan sangat mungkin dialami jika kita gak mengenal batasan diri dengan baik. Kita jadi merasa sudah berada di jalan yang benar dan gak membutuhkan masukan dari siapapun. Keegoisan semacam ini terbentuk karena kurangnya kemampuan kita dalam menganalisa diri sendiri. 

5. Sangat mungkin kita akan jadi beban bagi orang lain

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiripexels.com/Tobi

Akibat dari keputusan yang salah, kegagalan yang terlalu sering dialami, dan kekecewaan yang terlalu sering melanda, kita sangat mungkin akan jadi beban bagi orang lain. Terutama bagi mereka yang harus menanggung semua kesalahan-kesalahan kita. Gak mau kan hidup sebagai beban bagi orang lain?

Meluangkan waktu untuk sekadar lebih mengenal diri sendiri gak ada salahnya, lho. Cobalah evaluasi kembali dan lihat batasan dirimu yang sebenarnya. Sehingga, ke depannya kamu gak lagi harus melakukan kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Siap, gengs? 

Baca Juga: 5 Bentuk Self Reward yang Ampuh Bahagiakan Diri tapi Hemat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya