Comscore Tracker

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!

Apakah cara berpikirmu cukup ekstrem?

Pikiran kita memiliki andil yang cukup penting dalam menentukan bagaimana kita menjalani kehidupan ini. Cara kita memandang sesuatu, contohnya, bisa jadi tolak ukur seberapa besar sebuah masalah yang sedang kita hadapi. Makanya, mengelola pikiran menjadi salah satu trik yang harus dikuasai agar gak sembarangan dan menjadi orang yang sulit berkembang.

Agar bisa memiliki pola pikir yang baik, tentunya kita wajib mengenal kesalahan-kesalahan apa aja sih yang bikin seseorang gagal meraih kesuksesan. Khususnya kesalahan dalam mengelola pola pikir. Ini nih beberapa kesalahan yang harus kita hindari tersebut.

1. Memiliki kecenderungan untuk berpikir tentang hal-hal negatif ketimbang positif

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!Pexels.com/Startup Stock Photos

Pernah gak kalian memikirkan soal kegagalan dan merasa benar-benar berada di situasi tersebut padahal itu cuma pemikiran kalian aja? Atau, kalian merasa bersalah saat merasa bahagia karena meyakini bahwa setelah ini akan ada kesedihan dan kemalangan yang datang menerpa? Ini berarti kalian punya pola pikir negatif yang terlalu dikedepankan.

Yuk dikurangi ya pemikiran seperti ini. Agar, kalian bisa menikmati hidup dengan lebih bahagia. 

2. Suka berpikir ekstrem, iya atau gak sama sekali tanpa mempertimbangkan pilihan tengahnya

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!pexels.com/Bruce mars

Pola pikir ekstrem juga perlu dibenahi nih, guys. Kalian yang suka menetapkan pilihan antara hitam atau putih, iya atau gak sama sekali, dan pilihan-pilihan ekstrem lainnya harusnya bisa lebih toleran. Selalu ada pilihan tengah dari semuanya. Selalu ada kemungkinan diantara kedua pilihan yang kalian buat. Coba deh lebih terbuka lagi.

3. Memiliki pikiran untuk selalu menyalahkan orang lain

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!pexels/Kaboompics.com

Dalam setiap momen yang terjadi di hidup kita, tentu ada saatnya kita harus menanggung resiko atas apa yang kita perbuat atau bahkan atas apa yang diperbuat orang lain. Namun, bukan berarti kita jadi sosok yang selalu menyalahkan orang lain. Berusahalah untuk berpikir dengan lebih bertanggung jawab dan menyelesaikan apa pun sendiri sebelum melibatkan orang lain. 

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Pemikiran Paling Dewasa, Tenang dan Rasional

4. Sering berasumsi tentang apa yang orang lain pikirkan soal dirimu

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!unsplash/Eliott Reyna

Pola pikir lain yang juga perlu dibenahi adalah ketika kita terlalu sering berasumsi tentang isi pikiran orang lain soal diri kita. Ini adalah hal yang berada di luar kendali kita. Gak akan ada gunanya memelihara pemikiran semacam ini karena gak akan pernah ada habisnya.

Akan selalu ada orang yang gak suka meski kita sudah berbuat sejuta kebaikan pun. Lagipula, bukan kewajiban kita juga kok untuk membuat mereka menyukai kita. Setuju?

5. Lebih suka memikirkan masa lalu ketimbang masa depan

Benahi, Ini 5 Kesalahan dalam Pola Pikir yang Bikin Kita Susah Maju!unsplash/Elijah Hiett

Yang pasti, orang yang gak akan maju adalah mereka yang lebih condong untuk melihat ke belakang. Kesalahan yang diperbuat dulu, kejayaan yang pernah dirasakan di waktu yang sudah lewat, dan berbagai peristiwa masa lalu harusnya gak lagi diungkit-ungkit terlalu sering. Akibatnya, kita bisa jadi melewatkan kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, lho.

Mengelola pola pikir menjadi hal yang penting mengingat begitu besarnya hal ini berpengaruh dalam cara kita menjalani kehidupan. Kesalahan yang bisa dihindari sejak awal, harusnya bisa kita jauhi agar gak menjadi penyesalan di kemudian hari. Dari lima kesalahan di atas, mana nih yang masih sering kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menepis Pemikiran Pekerjaan Adalah Beban, Seperti Apa?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya