Comscore Tracker

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar juga ada seninya

Jika selama ini kamu pernah terlibat dalam sebuah percakapan tapi kebingungan harus menunjukkan respon seperti apa, kuncinya cuma satu, yaitu mendengarkan. Seseorang gak perlu berpura-pura memperhatikan lawan bicaranya, jika dia memang benar-benar memperhatikan. Gak ada cara terbaik untuk merespon lawan bicara selain dengan mendengarkan.

Kita diberikan dua telinga dan satu mulut karena kita diminta lebih banyak mendengar, bukannya lebih banyak bicara. Menjadi seorang pendengar yang baik pun, gak bisa sembarangan lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti nih.

1. Jangan lakukan hal lain selama mendengarkan

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikpexels.com/Van Tay Media

Hindari multi-tasking saat sedang mendengarkan. Selain kamu yang akan menjadi tidak fokus, lawan bicara pun akan merasa kamu tidak sedang mendengarkan sepenuhnya ucapannya. Apalagi jika kamu sambil memainkan gawai, atau sibuk dengan kegiatan lain seperti memainkan kunci, dan lainnya.

2. Fokus dan buang pikiran tentang hal lain

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikunsplash/Bewakoof.com Official

Sangat wajar ketika sedang mendengarkan, kita tiba-tiba teringat suatu kejadian lucu. Kemudian, kita tidak sepenuh mendengar lawan bicara kita dan hanya menunggu waktu untuk memotong ucapannya untuk menceritakan kejadian lucu yang kita alami. Tahukah kamu betapa tidak sopannya hal tersebut?  

3. Ajukan pertanyaan 5W+1H

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikunsplash/Andrea Tummons

Jika ingin menjadi seorang pendengar yang baik bagi siapapun juga, selalu sediakan pertanyaan 5W+1H untuk meminta seseorang menceritakan kisahnya. Anggaplah dirimu wartawan yang sedang mengumpulkan sebuah rangkaian kisah. Misal, ketika temanmu mengalami kecelakaan, alih-alih bertanya "sakit gak sih?" cobalah bertanya "bagaimana kejadiannya?" maka kamu akan terlihat lebih menunjukkan perhatian.

Baca Juga: Kamu Nanti Bakalan Dapat Pasangan yang Lebih Muda atau Tua Ya?

4. Meyakini bahwa setiap orang pasti merupakan ahli dalam suatu hal

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikunsplash/Cristina Gottardi

Gak akan ada ruginya menjadi seorang pendengar. Yakinilah bahwa siapapun lawan bicaramu, dia adalah ahli terhadap suatu hal. Jangan merendahkan atau meremehkan lawan bicaramu, karena kamu pasti hanya mendengarkan dengan setengah hati. 

Bukan hanya jadi gak fokus, bisa-bisa kamu malah gak menangkap apapun inti ceritanya jika kamu hanya mendengar dengan setengah hati.

5. Jangan menunggu kesempatan untuk menceritakan tentang dirimu

5 Kunci Utama Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikunsplash/Anna Vander Stel

Setiap kali menjadi pendengar, jadilah pendengar seutuhnya, dan bukan sekedar menunggu kesempatan untuk menceritakan tentang dirimu sendiri. Misal, ketika temanmu bercerita betapa sedihnya dia dengan kehilangan orang yang dia sayangi, jangan pernah menyamakan hal itu dengan kisahmu dan kemudian kamu malah balik menceritakan kehilangan versimu sendiri. Tidak ada kisah yang benar-benar sama, dan temanmu hanya butuh seorang pendengar, bukan pembanding kisahnya.

Seni mendengar adalah sesuatu yang masih harus dipahami banyak orang. Jadilah salah satu pendengar sejati makan akan ada banyak hal yang bisa kamu jadikan pelajaran dalam hidup. Setuju guys?

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernih

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya