Comscore Tracker

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilangan

Dari sebuah kehilangan ada banyak pelajaran!

Ditinggalkan oleh orang yang kita cintai, adalah salah satu bentuk kehilangan yang cukup menyakitkan di dunia ini. Apalagi, jika kita gak bisa melihat orang tersebut lagi untuk selama-lamanya. Rasa sakit semacam ini wajar banget untuk membuat kita bertanya-tanya kenapa sebuah kehilangan harus terjadi. Iya kan?

Meski menyakitkan, tapi tentunya seburuk-buruknya pengalaman dalam hidup akan memberi pelajaran untuk kita. Begitu pula dengan sebuah kehilangan. Ini nih lima penjelasan kenapa kita memerlukan sebuah pengalaman kehilangan dalam hidup.

1. Agar kita belajar untuk menerima keadaan

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilanganunsplash/Eric Ward

Ketika kebahagiaan menghampiri, tentu kita gak pernah mempermasalahkan hal itu. Dan yang pasti kita akan menerima kebahagiaan itu dengan hati lapang. Tapi, ketika yang datang adalah kesedihan dan cobaan, tentu pertanyaan seperti 'kenapa harus aku?' akan melintas di benak kita. Di sinilah sesungguhnya kita diajari untuk menerima keadaan dengan hati lapang.

2. Sehingga muncul pemahaman bahwa gak ada yang abadi di dunia ini

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilanganpexels.com/Leah Kelley

Kehilangan dalam bentuk apapun akan mengajarkan kita bahwa gak ada yang abadi di dunia ini. Sesekali, kita memang perlu diingatkan akan hal ini agar gak begitu terlena dengan kehidupan yang fana. Kesadaran yang satu ini gak akan kita dapatkan tanpa mengalami sebuah kehilangan.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dimiliki agar Jati Diri Gak Hilang saat Punya Pacar

3. Gak cuma soal manusia, kehilangan impian juga mengajarkan caranya menemukan impian lain

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilanganpexels/Karolina Grabowska

Bicara soal kehilangan tentu gak hanya terbatas pada kehilangan sosok orang terdekat aja. Terkadang, kita dihadapkan pada kenyataan yang lain seperti kehilangan kesempatan untuk mewujudkan sebuah impian yang kita cita-citakan sedari dulu. Dari kehilangan semacam ini, kita justru diajarkan untuk menata hidup dan kembali menemukan impian lain serta pantang menyerah.

4. Kehilangan juga mengajarkan kita untuk mencari solusi

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilanganpexels.com/TheLazyArtistGallery

Sebuah kehilangan tentu mendatangan masalah baru dalam hidup yang gak pernah kita rencanakan sebelumnya. Sehingga, disinilah kita dilatih untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Bagaimana kita menghadapi hari-hari esok dengan tetap bertahan dari luka kehilangan tersebut. 

5. Perasaan kehilangan akan kita hadapi, bersiaplah untuk bereaksi sewajarnya!

Meski Menyakitkan, Ini 5 Penjelasan Kenapa Kita Butuh Kehilanganpexels/Sarah Dietz

Gak ada satu pun orang atau benda yang abadi di dunia ini. Semua yang saat ini kita miliki, akan menghilang suatu saat nanti. Entah itu pergi meninggalkan kita, atau berpindah kepemilikan dari kita. Bersiaplah menghadapinya dengan reaksi yang wajar dan gak berlebihan.

Sebuah rasa kehilangan akan menyisakan luka. Tapi, waktu secara perlahan akan menyembuhkannya meskipun gak bisa utuh seperti semula. Percayalah, setiap kejadian yang menimpa kita selalu mengandung pelajaran yang bisa dipetik hikmahnya. Menurutmu, kenapa kita butuh kehilangan?

Baca Juga: Tetaplah Optimis! Ini 5 Pelajaran Tersembunyi di Balik Masa-masa Sulit

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya