Comscore Tracker

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannya

Dikurangi ya bapernya!

Siapa nih yang punya teman over sensitif dan pelan-pelan mulai kamu jauhi? Atau ternyata kamu sendiri adalah orang yang seperti ini? Hayo, harus mulai sering-sering introspeksi diri dari sekarang ya. Soalnya, sifat buruk yang kita miliki sangat rentan bikin kita dijauhi banyak orang.

Mulai dari bikin repot orang lain hingga membuat orang jadi serba salah dalam menghadapimu, semua itu amat erat kaitannya sama sifat over sensitif lho. Selain itu ada lima lain nih yang juga bikin siapapun lebih memilih menjaga jarak darimu jika kamu terlalu gampang baperan.

1. Gampang tersinggung bahkan dengan bercandaan yang sifatnya sepele

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/Anastasi Vityukova

Alasan pertama sudah jelas karena orang yang over sensitif itu gampang banget tersinggung. Memang sih, terkadang orang lain suka banget bikin bercandaan yang menyakiti hati. Tapi kan gak semuanya juga berniat merendahkan atau menghinamu. Coba deh mulai sekarang lebih selow dan santai aja menghadapi mereka yang suka bercanda.

2. Suka update perasaan negatifnya di media sosial

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannyaunsplash/@socialcut

Siapa sih yang suka berteman sama orang yang senang menebar energi negatif? Kayaknya gak ada tuh. Soalnya, kita semua punya masalah masing-masing yang harus diselesaikan. Sudah lah hidup ini rumit, harus melihat postingan yang isinya rasa sakit hati dan caci maki semua. Duh, auto diblokir dari pertemanan sih kalau begini.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Hal Negatif Apa yang Saat Ini sedang Kamu Rasakan

3. Suka banget play victim dan menyalahkan orang lain

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannyapexels.com/Polina Zimmerman

Orang yang over sensitif juga biasanya senang banget bersikap seolah-olah semua orang menyakiti dia. Dia bertindak seperti korban bahkan dalam sesuatu hal yang sebenarnya gak seharusnya. Gampang menyalahkan orang lain seperti ini bikin siapapun jadi serba salah menghadapimu dan mereka mungkin lebih memilih menghindar. Gak mau kan dijauhin banyak orang?

4. Gak mau bersikap dewasa dan selalu ingin dibantu dalam menyelesaikan setiap masalah

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannyapexels/Andrea Piacquadio

Punya masalah sedikit aja, orang yang terlalu sensitif gak segan untuk menunjukkan kelemahannya pada orang lain. Dia bahkan selalu meminta orang lain untuk membantunya menyelesaikan permasalahan tersebut. Melibatkan orang lain sesuka hati seperti ini nih yang bikin siapapun lebih suka gak berteman dekat dengannya.

5. Punya aura negatif yang membuat siapapun menjauh secara perlahan

Over Sensitive Bikin Kamu Dijauhi Orang Terdekat, Ini 5 Penjelasannyapexels. com/RODNAE Production

Namanya juga berlebihan, pastinya sudah gak baik dong. Ditambah lagi berlebihannya dalam hal baperan, wah energi negatifnya banyak banget pastinya. Diajak membahas isu A, baper, diajak mendiskusikan isu B, baper. Siapa yang betah berteman sama dia? Aura negatif semacam ini yang sebenarnya perlu kita hilangkan karena akan membuat siapapun menjauh secara perlahan, lho.

Lebih sering belajar untuk memaafkan orang lain sejatinya akan jadi obat bagi kamu yang selama ini gampang baper. Mulai menanamkan sedikit rasa cuek dan tangguh juga bisa kamu terapkan secara perlahan. Dengan begitu, kamu akan jadi pribadi yang lebih kuat menghadapi kerasnya dunia. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Orang Super Sensitif, dari Kondisi sampai Profesi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya