Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasi

Kurangi yuk

Panik, keringat dingin, dan jadi blank saat dalam keadaan tertentu, pasti pernah kita semua rasakan. Tapi, beberapa orang punya kecenderungan untuk gampang panik meski berada di situasi yang sebenarnya masih bisa dibilang biasa saja. Kamu termasuk orang yang begini gak?

Misal, ketika diminta membaca sebuah teks di depan kelas, kamu jadi gampang gugup, salah tingkah hingga akhirnya melakukan kesalahan yang gak perlu. Nah, hal seperti ini perlu dikurangi. Untuk menguranginya, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

1. Overthinking hampir dalam segala hal

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasiunsplash/Taya Iv

Salah satu penyebab munculnya rasa panik adalah karena kita yang terlalu berlebihan dalam memikirkan segala hal di sekitar kita. Overthinking ini akan menyebabkan kita merasa takut bahkan pada sesuatu yang belum pasti akan terjadi. Makanya, jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan segala hal ya.

2. Gak bisa mengendalikan emosi dengan baik

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasimoviesbox.live

Emosi merupakan salah satu hal yang ada di dalam diri kita yang sudah semestinya mampu kita kendalikan dengan baik. Jangan sampai, malah emosi yang mengendalikan kita. Jika emosi tidak stabil, itu bisa jadi salah satu pemicu kepanikan dalam diri yang juga gak terkontrol.

3. Kurang memiliki ketenangan batin

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasiunsplash/Jake Sloop

Apa yang terpancar di luar merupakan gambaran dari apa yang ada dalam diri kita. Batin dan jiwa yang tidak tenang, tidak dekat dengan Tuhan, akan bisa membuat kita gampang terserang panik. Coba deh bandingkan dengan orang yang religius dan benar-benar dekat dengan Tuhan, pasti lebih bisa terlihat tenang dalam berbagai situasi kan?

Baca Juga: Cenderung Overthinking, 5 Zodiak Ini Dikenal Gampang Panik dan Cemas

4. Selalu memikirkan kemungkinan terburuk dari setiap kejadian

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasiunsplash/Ben White

Memikirkan kemungkinan terburuk juga bisa bikin kita jadi gampang panik lho. Siapa sih yang gak panik kalau selalu punya pikiran buruk di kepalanya, ya kan? Kurangi pikiran negatif yang kamu miliki. Biar hidupmu juga jadi lebih tenang.

5. Gak punya rasa optimis dalam diri

5 Penyebab Kamu Jadi Gampang Panik dalam Berbagai Situasiunsplash/Christian Escobar

Selalu merasa apapun gak akan bisa berhasil kita lakukan adalah tanda kamu orang yang pesimis. Hati-hati, hal ini bisa menyebabkan kamu gampang panik. Meski sudah melakukan persiapan yang matang, tapi tanpa adanya rasa optimis bahwa kamu mampu melewati hal tersebut. Maka, bisa jadi kamu akan berakhir panik. Alhasil, apapun yang kamu kerjakan jadi gak berakhir baik deh.

Yuk kurangi 5 hal tersebut ya. Melewati segala hal dengan tetap cool dan kalem bikin kamu terlihat lebih dewasa dan berwibawa lho.

Baca Juga: 12 Ilustrasi Jujur Suka Dukanya Jadi Orang yang Gampang Panik

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You