Comscore Tracker

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan Hidup

Jangan sembarangan memutuskan!

Semua orang tentu gak ingin hidupnya berjalan tanpa tujuan yang jelas. Pada satu titik, akan ada saatnya kita mulai memikirkan perkara tujuan hidup ini dengan lebih serius. Ada orang yang sudah mempertimbangkannya sejak masih sangat muda. Namun, ada pula yang baru memikirkannya setelah cukup dewasa. 

Jika kamu sekarang sedang berada di fase ini, maka beberapa hal rumit tentu mulai membuat kamu pusing tujuh keliling. Gak masalah, wajar banget kok jika kamu kesusahan dalam menentukan tujuan hidup. Karena semua orang juga mengalaminya.

Nah, untuk mengurangi sedikit beban pikiranmu, ada beberapa hal yang harus dijadikan faktor utama dalam menentukan tujuan hidup nih. Yuk simak dan catat baik-baik ya. 

1. Tentukan tujuan hidupmu dengan jelas dan detail

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan Hiduppexels.com/Liam Anderson

Perlu diingat bahwa dalam menentukan tujuan hidup semua harus jelas dan detail. Jangan hanya memutuskan bahwa kamu akan jadi pebisnis, tapi juga tentukan bisnis apa yang ingin kamu geluti. Karena, jika terlalu luas, dikhawatirkan nantinya kamu jadi gak fokus dan gak terarah dalam mewujudkannya.

2. Pastikan tujuan tersebut bisa terukur

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan HidupPexels.com/Matheus Bertelli

Maksudnya terukur di sini adalah bagaimana kamu bisa tau ketika tujuan hidupmu itu telah tercapai. Apa yang menjadi patokan atau tolak ukur ketika kamu berhasil meraih tujuan tersebut. Jangan sampai kamu hanya terus berangan-angan dan meninggikan angan-angan tersebut setiap kali dia sudah akan terwujud. 

Karena, jika begini kamu akan jadi manusia yang susah puas dan gak bisa memperbaharui impianmu menjadi sesuatu yang berbeda. Ingat, yang namanya kehidupan itu selalu berjalan dan harus terus di-upgrade

3. Apakah tujuan hidupmu ini realistis?

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan Hidupunsplash/Annie Spratt

Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan seberapa realistis tujuan hidupmu ini. Apakah benar-benar bisa terwujud? Memang sih kita harus bermimpi setinggi langit, tapi ingat juga soal kemungkinan tercapainya tujuan tersebut.

Jika terasa terlalu tinggi, kamu bisa mulai dari tahapan yang lebih rendah. Ketika nantinya sudah berhasil diraih, baru deh kamu bisa meningkatkannya lagi ke tingkat yang lebih tinggi. 

4. Apakah tujuan hidupmu ini juga relevan? 

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan Hiduppexels/Gustavo Fring

Saat menentukan tujuan hidup, pastikan juga itu semua relevan. Maksudnya, berkaitan gak sih tujuan tersebut dengan apa yang kamu lakukan sekarang? Jika kamu bertujuan ingin menjadi seorang penulis, misalnya, apakah kamu sudah sering membaca dan latihan menulis?

Kalau belum, maka gak ada salahnya untuk memulai melakukan suatu tindakan yang relevan dengan tujuan tersebut. Gak ada kata terlambat kok.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Menemukan Tujuan Hidup, Jangan Buang Waktu!

5. Kapan atau berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut? 

5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan HidupPexels.com/AdriannaCalvo

Dalam merancang tujuan hidup, jangan lupakan juga soal rentang waktu yang dibutuhkan. Hal ini dibutuhkan agar kamu punya batas deadline dalam mengejar tujuan hidup tersebut. Ketika nantinya batas waktu tersebut terlewati dan belum ada yang terwujud, kamu bisa memperbaharuinya sesuai dengan kemampuanmu. 

Sederhananya, tujuan hidup membuat kita lebih terarah dan gak sekedar menjalani kehidupan seperti air yang mengalir. Karena, gak semua air yang mengalir itu menuju tempat yang bersih dan baik, lho. Kamu gak mau kan berakhir di tempat yang jelek dan bau?

Makanya, tentukan kemana arah hidup yang ingin kamu wujudkan dengan mempertimbangkan lima hal di atas ya. Siap mengambil keputusan dari sekarang?

Baca Juga: 5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya