Comscore Tracker

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!

Diri sendiri harus diajak ngobrol, lho!

Merutuk pada diri sendiri dan menyalahkan diri atas suatu hal buruk yang menimpa mungkin sudah biasa kamu lakukan. Tapi, apakah kamu pernah mengatakan hal-hak baik pada diri sendiri? Banyak banget lho orang yang mengabaikan hal satu ini karena merasa ini gak penting.

Eits, jangan salah ya. Melakukan positif self-talk bisa membuat harimu menjadi lebih baik, pikiranmu lebih fokus, dan kebahagiaan pun akan bisa kamu rasakan. Membiasakan hal ini setiap hari juga bisa bikin kesuksesan semakin mendekat lho. Ini nih lima contoh positif self-talk yang bisa kamu katakan pada dirimu terutama saat kamu sedang bersedih. 

1. Gak apa-apa untuk merasa gak baik-baik aja, tapi jangan lupa bangkit!

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!pexels.com/Pixabay

Saat kita sedang terpuruk dan berbagai masalah seolah datang bertubi-tubi tanpa henti, maka yakinkan dirimu untuk bisa tegar. Kamu gak perlu mengharapkan hiburan dari orang lain jika dirimu sendiri sudah bisa memberi kekuatan. Katakanlah kalimat "gak apa-apa untuk merasa gak baik-baik aja, tapi jangan lupa bangkit!" sambil memeluk dirimu sendiri. 

2. Aku berharga, aku pantas untuk bahagia!

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!pexels.com/Crina Doltu

Komentar buruk mungkin kamu dapatkan dari orang sekitar. Berbagai kalimat yang bikin down juga bisa membuat mental kita menjadi lemah dan bikin kita semakin menjauh dari kesuksesan. Gak usah bingung dan merana, katakanlah "aku berharga, aku pantas untuk bahagia!" sebagai pengingat bahwa kamu gak perlu bersedih terlalu lama.

3. Aku hebat, aku pasti bisa melewati ini semua!

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!unsplash/Jake Sloop

Situasi buruk kadang menempatkan kita pada posisi sulit yang bikin malas untuk berjuang kembali. Hal-hal di luar diri kita mampu jadi penghalang yang membuat kita enggan untuk melihat masa depan. Jika ini terjadi, katakanlah "aku hebat, aku pasti bisa melewati ini semua!" pada diri sendiri. Ingatlah bahwa banyak hal indah menantimu di depan sana.

Baca Juga: Penting, 5 Kalimat Self-Talk Ini Bisa Jadi Motivasi Harianmu

4. Gak semua yang aku pikirkan itu benar, fokus!

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!unsplash/Francisco Moreno

Gak cuma hal di luar diri kita yang bisa bikin kita merasa gak bahagia. Semua itu juga bisa berasal dari pikiran kita sendiri. Kadang kita terlalu overthinking dan merasa banyak gak baik-baik aja. Makanya penting juga nih untuk mengingatkan diri sendiri dengan mengatakan "gak semua yang ku pikirkan itu benar, fokus!".

5. Aku gak harus membahagiakan semua orang!

5 Positif Self-Talk yang Penting namun Sering Dilupakan, Dicoba Yuk!pexels.com/MinAn

Sesekali, ingatlah untuk merasa bahwa dirimu penting. Kamu, sama pentingnya dengan semua orang yang selalu kamu utamakan. Kebahagiaanmu, sama berharganya dengan kebahagiaan semua orang di sekitarmu. Gak usah merasa bersalah jika kamu gak selalu bisa memenuhi ekspektasi semua orang. Katakanlah "aku gak harus membahagiakan semua orang!" pada dirimu sendiri.

Berpikir positif itu penting, mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri juga sama pentingnya. Karena seringkali kita lupa bahwa hati dan pikiran ini sesekali perlu diingatkan kembali soal betapa berharganya diri kita sendiri. Siap mencoba mengatakan hal positif setiap hari?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa 'Self Talk' Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya