Comscore Tracker

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kita

Bukan malah balik membenci!

Sebagai manusia, wajar banget kalau ada yang menyukai kita dan ada pula yang membenci kita. Gak cuma di dunia nyata, dunia maya pun seringkali jadi ajang pembenaran bagi seseorang untuk menilai kita sesuka hati mereka dan memendam kebencian tanpa benar-benar tau siapa kita sesungguhnya. Bukan balik membenci, justru ada beberapa sikap yang harus kita lakukan ketika seseorang tidak menyukai kita.

Agar hati kita tenang dan gak ada yang namanya musuh dalam hidup ini, mau tau apa saja 5 sikap yang perlu kita lakukan demi menghadapi para haters? Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Cobalah untuk melakukan pendekatan

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kitaunsplash/Andrea Tummons

Sejatinya, manusia memiliki keinginan untuk hidup tenang dan damai. Ketenangan ini menjadi terganggu ketika ada seseorang yang membenci kita. Baik secara terang-terangan ataupun diam-diam, sikap orang yang tidak menyukai kita ini pasti akan dirasa cukup mengusik juga pada akhirnya.

Jadi, daripada terus menerus terganggu, alangkah lebih baik jika kita mulai melakukan pendekatan dengan orang tersebut. Yakinkan dirimu bahwa kebencian itu ada karena selama ini dia belum tahu siapa kamu sesungguhnya.

2. Tanyakan langsung apa yang membuatnya tidak suka pada kita

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kitaunsplash/Bewakoof.com Official

Seseorang yang memiliki hati nurani, gak akan dengan gampangnya mengatakan dia tidak menyukai kita secara langsung. Apalagi, jika kita memang tidak pernah melakukan kesalahan padanya. Semua rasa tidak suka yang dia pendam mungkin saja berasal dari hal lain seperti rasa iri atau kesalahpahaman semata. 

Jadi, alangkah lebih baik jika kita menanyakan secara langsung hal apa yang membuat rasa tidak suka itu muncul. Selain menghilangkan rasa benci yang ada, kamu juga sekalian belajar menerima kritik.

Baca Juga: 8 Alasan Logis Jadi ‘Haters’ Itu Buang-buang Waktu Hidupmu!

3. Ketika diberi masukan, jangan terbawa emosi

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kitaroberthalf.com

Ketika kamu diberikan kritik yang sifatnya membangun, jangan ikut terbawa emosi. Hal ini hanya akan memperkeruh suasana dan gak memperbaiki apapun. Kemungkinan, kamu juga akan menyesalinya di masa yang akan datang. 

Jadi, cobalah menenangkan diri sebelum memulai pertengkaran yang akan berujung penyesalan.

4. Tunjukkan bahwa kita tidak seperti yang dia kira

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kitaunsplash/Aziz Acharki

Ketika seorang haters melakukan penilaian terhadap kita, pastinya gak ada penilaian yang baik. Semuanya hanya berkisar tentang hal-hal negatif yang menyakitkan hati. Tugasmu adalah tentu saja tetap melakukan hal-hal baik yang biasa kamu lakukan untuk membuktikan kepada orang tersebut bahwa kamu gak seperti yang dia kira.

Gak perlu jadi orang lain dengan berpura-pura, cukup jadi diri sendiri dan tetap positif sepanjang hari. 

5. Jika tidak bisa ditolerir lagi, maka abaikan saja!

5 Sikap yang Harus Dilakukan pada Orang yang Tidak Menyukai Kitaunsplash/Thu' Anh

Kebencian seseorang yang tertuju pada kita memang sangat tidak mengenakkan. Namun, kita juga perlu sadar bahwa gak semua hal berada di bawah kendali kita. Termasuk salah satunya adalah perasaan orang lain.

Lagi pula, terlalu memikirkan kebencian orang pada kita juga hanya akan membuat kita lupa pada orang yang sungguh-sungguh mencintai kita. Jadi, jika seorang haters dirasa sudah keterlaluan, lebih baik abaikan saja.

Dalam hidup bersosial tentu ada yang menyukai dan ada pula yang membenci kita. Kita mungkin gak bisa membiarkan begitu saja jika ada yang gak menyukai kita. Makanya, lima langkah di atas bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya Haters

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You