Comscore Tracker

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!

Kerjaan selalu melebihi deadline?

Tips mengatur waktu yang paling efisien pasti selalu berkaitan dengan cara kita menentukan prioritas. Gak cuma perihal waktu, urusan keuangan, rumah tangga, bahkan hingga pertemanan pun selalu berisi nasihat soal betapa pentingnya menentukan prioritas. Kecakapan dalam hal ini memang sangat membantu kita dalam banyak hal.

Sayangnya, beberapa orang masih kebingungan atau belum begitu pandai dalam menentukan skala prioritas di hidup mereka. Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, satu dari lima tanda berikut mungkin ada di dirimu. Yuk cek bareng-bareng.

1. Kamu sering gak fokus pada sesuatu dan malah mengerjakan hal-hal secara acak

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!pexels/mikoto.raw

Ketika memiliki banyak hal untuk diselesaikan, pikiran kita memang jadi terbagi dan bercabang kemana-mana, ya. Namun, orang yang tau caranya menentukan prioritas gak akan kebingungan untuk menyelesaikan perkara seperti ini. Beda banget nih jika kamu memiliki masalah dalam menentukan prioritas, pasti kamu bakal gak fokus dan malah mengerjakan hal-hal secara acak. Iya gak?

2. Banyak hal atau tujuan yang malah gak tercapai atau melebihi tenggat waktu yang ditentukan

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!unsplash/Tim Gouw

Sering melewatkan deadline atau malah gak mencapai target yang ditentukan? Wah, kamu nampaknya perlu lebih banyak belajar dalam menentukan prioritas nih. Pasalnya, jika kebiasaan ini diteruskan dan gak diperbaiki, mungkin kamu akan melewatkan banyak kesempatan dalam hidup ini. Duh, gak mau kan?

Baca Juga: Tahu Prioritas, 5 Zodiak Ini Selalu Menerapkan Work Life Balance 

3. Urusan belanja, kamu sering mengeluarkan uang untuk barang-barang kurang penting

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!unsplash/Artem Beliaikin

Tanda yang cukup sepele soal permasalahan prioritas ini biasanya akan nampak saat kamu berbelanja. Jika sedari awal kamu sudah menentukan mana barang-barang yang ingin dibeli dan benar-benar dibutuhkan, jangan sampai kamu malah melakukan pengeluaran yang lebih banyak pada benda yang kurang atau bahkan gak penting.

Ini artinya kamu kesulitan dalam membedakan antara apa yang harus diutamakan dan apa yang bisa dibeli lain kali aja. Caramu menentukan prioritas masih sangat terbatas ya.

4. Hubungan dengan orang terdekat pun mulai gak terurus

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!pexels/Andrea Piacquadio

Hubungan dan kedekatan kita dengan orang terkasih seperti pasangan, keluarga, kerabat, dan sahabat dekat sudah semestinya menjadi perhatian utama. Karena, bagaimanapun juga, ketika kita ditimpa musibah atau dilanda masalah, merekalah orang pertama yang bisa kita andalkan.

Tapi, jika selama ini kita malah lebih dekat dengan orang asing, sibuk memulai pertemanan dengan orang baru dan melupakan orang terdekat, maka ada yang salah nih dengan cara kita menentukan prioritas. Harus segera diperbaiki ya.

5. Dalam banyak hal, hidupmu berasa gak seimbang

5 Tanda bahwa Kamu Memiliki Masalah Prioritas, Deteksi Sedini Mungkin!unsplash/Luis Villasmil

Gak ada salahnya untuk sesekali melihat dan bertanya pada diri sendiri apakah hidup kita terasa sudah seimbang. Apakah antara kebutuhan fisik, emosi, dan spiritual sudah tercukupi dengan baik? Jika kita punya masalah dalam menentukan prioritas, pasti akan ada satu dari beberapa aspek kehidupan yang terasa gak seimbang.

Makanya, penting untuk mengoreksi diri kita sebelum orang lain yang melakukannya dan membuat kita merasa gak nyaman. Dengan begini, kita pun jadi bisa mulai menata kembali konsep prioritas dalam benak kita. Dari tanda di atas, kamu merasakan tanda yang mana nih, guys? Segera perbaiki ya!

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Mengatur Segala Prioritas dalam Hidupmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya