Comscore Tracker

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanya

Gak banyak syarat, deh!

Menjadi orang baik pasti menyenangkan banget. Hidup kita tenang, jiwa pun akan terasa tentram. Kita juga bisa fokus pada diri sendiri tanpa sibuk mengurusi hidup orang lain. Salah satu sifat baik yang melekat dalam diri seseorang adalah mampu menghargai siapa pun tanpa membanding-bandingkan. 

Mampu menghargai orang lain apa adanya adalah sebuah kebiasaan baik yang sebenarnya cukup jarang dimiliki. Pasalnya, kita hidup di zaman dimana begitu banyak tuntutan dan seolah menuntut orang lain untuk hidup sesuai dengan standar yang berlaku adalah hal yang biasa. Tapi, jika kamu bisa menghargai orang lain, maka lima tanda berikut pasti melekat pada dirimu.  

1. Kamu gak pernah menghakimi orang lain hanya karena dia berbeda darimu

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanyapexels/RODNAE Production

Pertama, kamu gak pernah menghakimi orang lain hanya karena dia berbeda. Entah itu berbeda secara fisik, cara berpakaian, pola pikir, dan lain sebagainya. Bagimu, semua orang punya hak untuk memilih apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka menjalani hidup, dan hal lainnya. 

2. Memaksa orang berubah sesuai keinginanmu gak pernah ada dalam kamusmu

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanyapexels/Kindel Media

Memaksa orang lain berubah juga gak pernah kamu lakukan. Hanya karena dia memiliki cara hidup yang berbeda denganmu, bukan berarti kamu merasa punya hak untuk menuntut perubahan darinya. Walaupun kamu punya kemampuan untuk memaksakan hal tersebut, tapi kamu gak pernah melakukannya karena tau bahwa kamu bisa menerima dirinya apa adanya. 

3. Kamu juga gak pernah merendahkan orang di sekitarmu

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanyapexels.com/Rebrand Cities

Orang yang bisa menghargai orang lain juga pastinya gak pernah memandang rendah siapa pun yang dia kenal. Kamu yang punya karakter begini pasti punya pemikiran bahwa semua orang punya jalan hidupnya masing-masing. Belum tentu mereka yang saat ini sedang berada di bawah akan selamanya di bawah.

Ada masanya suatu saat nanti mereka mungkin hidup sukses, kaya, dan lebih bahagia daripada dirimu. Makanya kamu merasa gak pantas untuk merendahkan siapa pun. 

Baca Juga: 5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikan

4. Gak pernah menuntut untuk diperlakukan berbeda hanya karena kamu memiliki kelebihan

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanyapexels/Charlotte May

Kamu juga gak pernah merasa berhak menuntut diperlakukan berbeda. Menghargai orang lain menjadikan kamu sosok yang tau bagaimana menempatkan diri dan gak mau merasa sombong. Meski kamu mungkin punya kelebihan, bukan berarti kamu bisa berbuat semaunya.

5. Bagimu perbedaan justru bikin semuanya lebih berwarna

Baik Banget, 5 Tanda Kamu Bisa Menghargai Orang Lain Apa Adanyapexels/William Fortunato

Menghargai setiap perbedaan yang ada tentu gak mudah untuk dilakukan. Meski begitu, kamu bisa mengatur pola pikir dan menganggap bahwa perbedaan yang ada justru membuat dunia ini lebih berwarna. Lagipula, gak akan ada akhirnya jika kita terus membanding-bandingkan semua orang.

Orang baik hati yang mampu menghargai perbedaan itu hidupnya akan lebih menyenangkan lho. Mereka bisa melihat dunia ini dengan cara yang berbeda karena gak menuntut semua orang untuk menjadi sama seperti dirinya. Kamu termasuk tipe orang yang begini atau gak?

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Selalu Bisa Menghargai Pilihan Hidup Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya