Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorang

Jangan sampai rasa benci itu merugikan dirimu sendiri

Ada rasa cinta, ada pula rasa benci. Begitulah memang fitrahnya kehidupan ini. Namun, rasa cinta yang berlebihan tentu tidak baik, apalagi rasa benci yang berlebihan. Gak cuma merugikan diri sendiri, perasaan benci juga cenderung memiliki sifat merusak yang bisa jadi akan merugikan orang lain juga.

Yuk analisa bareng-bareng apakah kamu sekarang sedang membenci seseorang dengan berlebihan melalui 5 poin ini.

1. Apapun yang dia lakukan selalu salah dimatamu

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorangunsplash/John-Mark Smith

Jika kamu sedang memikirkan seseorang yang kamu benci saat ini, coba deh kamu ingat-ingat lagi apakah semua sikap dan perbuatannya selalu salah dimatamu? Jika iya, maka bisa dibilang kamu sedang benci setengah mati sama orang tersebut. Saking bencinya, kamu bahkan selalu menyalahkan dia atas segala hal buruk yang terjadi dalam hidupmu.

Wah, udah gak sehat nih, yuk dibenahi lagi perasaanmu ini ya.

2. Tanpa kamu sadari, kamu sering menghindar untuk bertemu dengannya

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorangunsplash/Callie Morgan

Jika orang yang sedang kamu benci adalah orang yang sebenarnya sering terlibat dalam hidupmu dan kamu mulai menghindar saat harus bertemu dengannya, itu tanda bahwa rasa bencimu mulai kelewat batas. Seharusnya, kamu mencari solusi dari perasaan benci tersebut, salah satunya adalah dengan berkomunikasi dengannya. Siapa tau selama ini dia punya alasan atas sikapnya yang kamu rasa menjengkelkan tersebut.

3. Sering membicarakan keburukannya dengan orang lain

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorangunsplash/yang miao

Kamu yang mulai membicarakan keburukan seseorang, adalah tanda bahwa rasa bencimu sudah berlebihan. Hal ini bisa berakibat buruk pada dirimu sendiri, lho. Jangan sampai kamu malah jadi penyebar fitnah karena terlalu banyak membuat cerita fiktif soal keburukan orang tersebut.

Baca Juga: 7 Jenis Karakter Manusia yang Sebenarnya Termasuk Penyakit Mental

4. Selalu mencari kesalahannya bahkan saat dia berbuat baik

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorangunsplash/Jeffrey Wegrzyn

Selalu mencari-cari kesalahan orang lain bahkan saat dia berbuat baik juga salah satu tanda bahwa kamu memendam perasaan benci yang berlebihan. Jika diteruskan, hal ini hanya akan menimbulkan penyakit hati dalam dirimu. Iri, dengki, dan lain sebagainya akan selalu menyergapmu ketika orang tersebut berbuat baik pada orang lain.

5. Kamu gak suka sama orang-orang disekitarnya

5 Tanda Kamu Sudah Berlebihan dalam Membenci Seseorangunsplash/Marco Ceschi

Gak cuma dia yang kamu benci, orang-orang yang dekat dengannya pun jadi sasaran kebencianmu. Ini sih gawat banget. Kamu jadi semakin memperkecil lingkungan pertemananmu tanpa kamu sadari. Ujung-ujungnya kamu juga yang akan kesepian dan merasa sendiri, kan?

Rasa benci muncul pasti ada alasannya. Nah, tugasmu adalah untuk mencari tahu kenapa kebencian itu muncul, dan berusahalah untuk berbaikan dengannya.

Karena, hidup tanpa rasa benci pada orang lain itu lebih menyenangkan dan melegakan, lho. Gak percaya? Coba aja.

Baca Juga: 7 Artis Ini Jadi Sasaran Bully Gara-gara Karakter yang Diperankannya 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya