Comscore Tracker

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiri

Hargai dirimu sendiri!

Berbuat baik pada orang lain sudah diajarkan kepada kita sejak masih kecil. Namun, pelajaran soal bagaimana cara yang tepat dalam memperlakukan diri sendiri, itulah yang masih jarang kita temui. Gak heran kalau banyak orang yang beranjak dewasa namun gak juga bisa memperlakukan dirinya sendiri dengan tepat.

Alhasil, mental kita gampang terganggu. Omongan orang lain juga mudah sekali menjatuhkan kepercayaan diri kita. Belum lagi perilaku orang lain yang gak sesuai dengan harapan serta terlihat gak menghargai kita sama sekali.

Makanya, pastikan kamu melakukan lima hal dasar ini kepada dirimu. Agar ke depannya gak ada yang bisa menjatuhkanmu dan kamupun terlihat lebih bersinar dengan caramu sendiri. 

1. Kenali dirimu sendiri

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiriilustrasi orang bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hal paling wajib untuk dilakukan namun seringkali kita abaikan adalah mengenali diri sendiri. Banyak dari kita yang bisa berusaha habis-habisan untuk mencari tahu soal gebetan saat sedang suka-sukanya. Dari mengulik apa kesukaannya, apa yang dia benci, musik apa yang dia sukai, genre film apa yang menjadi favoritnya, dan lain sebagainya. Namun, kita malah gak berusaha sekeras ini untuk diri sendiri.

Padahal, dibandingkan gebetan yang sebenarnya baru aja kita kenal, bukankah diri sendiri justru sudah menemani kita selama ini? Lalu kenapa kita masih kebingungan ketika ada yang bertanya makanan favorit kita, impian kita, dan tujuan hidup kita? Yuk lebih belajar mengenal diri sendiri lagi dari sekarang. 

2. Terima dirimu secara utuh

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiriilustrasi orang minum (Pexels.com/destiawan nur agustra)

Kekurangan, kelebihan, masa lalu yang baik dan yang buruk, semuanya merupakan bagian dari diri kita yang harus bisa kita terima. Apapun yang kita miliki, apapun cerita hidup yang sudah dijalani, pahit ataupun manis, semuanya sudah menjadi satu dengan diri kita. Menerimanya adalah langkah awal yang akan membuat kita mudah merasakan kebahagiaan. 

Tanpa adanya rasa penerimaan terhadap diri sendiri, bisa terbayang kan betapa sedih dan kecewanya kita pada diri sendiri? Bahkan hari-hari kita akan terus terasa muram dan gak menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Tindakan Pencegahan Alami saat Ada Tekanan Hidup

3. Cintai dirimu sepenuhnya

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiriilustrasi orang bahagia (Pexels.com/meijii)

Kalau bukan kamu, siapa lagi yang bisa mencintai dirimu sendiri secara utuh tanpa syarat? Sebelum belajar mencintai orang lain pun, kamu juga wajib banget sudah bisa mencintai diri sendiri. Sebab hanya dengan cara itulah cintamu bisa tulus dan gak mengharapkan apa-apa. 

Mencintai diri sendiri mendatangkan banyak manfaat yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Akan ada banyak keindahan hidup yang lebih bisa kita lihat setelah mampu mencintai diri sendiri. 

4. Hargai dirimu dengan benar

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiriilustrasi menghadiahi diri (Pexels.com/Victoria Emerson)

Setiap perjuangan, pengorbanan, kerja keras, ataupun karya yang kamu buat, hargailah dengan sepantasnya. Dirimu sudah berusaha hingga di titik ini pun merupakan suatu hal yang luar biasa. Bayangkan jika orang lain yang berada di posisimu, mungkin mereka gak akan sanggup mengatasi semuanya seperti kamu. 

Apapun cobaan dan rintangan yang telah berhasil kamu lalui sampai saat ini, semua patut diapresiasi. Ucapkan terimakasih dan minta maaf lah pada dirimu sendiri. Yakinlah bahwa kamu akan sanggup melalui hari-hari ke depan yang mungkin saja tetap berat, tapi karena kamu kuat, pasti kamu mampu! 

5. Percayalah pada dirimu sendiri

5 Tindakan Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan ke Diri Sendiriilustrasi orang bahagia (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Yakin dengan apapun keputusan yang kamu ambil. Percaya bahwa kamu pasti bisa. Jangan menyerah meski banyak halangan yang menghadang. Itulah bentuk kepercayaan diri yang wajib dipupuk dalam diri. Semakin kamu bisa menjadi percaya diri, semakin bersinar kamu nantinya. 

Apapun yang sedang kamu tekuni dan usahakan saat ini, tanpa adanya kepercayaan diri, pastilah akan sangat berat. Jadi, yakinlah bahwa kamu pasti bisa berhasil, dan selalu katakan itu pada dirimu setiap harinya tanpa lelah. 

Bagaimana perlakuan kita terhadap diri sendiri akan tercermin pada perlakuan kita kepada orang lain. Jika kita mampu berbuat baik, memotivasi, percaya dan mencintai diri sendiri, bisa dipastikan itu bukanlah hal yang susah dilakukan kepada siapapun yang kita kenal. Betul, kan? 

Baca Juga: 5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buru

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya