Comscore Tracker

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!

Semangat di awal, aja?

Berbisnis, baik dalam bentuk besar maupun kecil tentu memerlukan tekad dan semangat yang gak main-main. Terutama saat baru memulai. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti modal, perencanaan, strategi, mental, dan lain sebagainya.

Karakter orang yang beragam, membuat kita juga akan menemui berbagai macam jenis orang saat mulai berbisnis. Ini nih lima di antaranya. Kira-kira, kamu masuk golongan yang mana? 

1. Serius dan penuh persiapan

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Tim Douglas)

Tipe pertama adalah mereka yang bersungguh-sungguh ingin menekuni dunia bisnis. Apapun yang ingin mereka mulai ini wajib banget berhasil. Makanya, orang dengan tipe satu ini sangat serius dan penuh persiapan.

Walaupun kemungkinan gagal tetap ada, tapi bagi orang tipe ini, persiapan akan meminimalisir kemungkinan gagal tersebut. Baik dari faktor eksternal maupun internal, semua sudah mereka persiapkan dengan matang. 

2. Pelan dan cenderung jalan di tempat

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Kampus Production)

Tipe kedua adalah mereka yang cenderung santai. Pelan tapi gak pasti. Ujung-ujungnya, bisnis yang ingin dimulai malah terlihat seperti jalan di tempat. Meski begitu, mereka ini tetap berusaha untuk memulai bisnisnya, kok.

Walaupun berbagai hal seolah menghadang niatannya untuk mulai berbisnis. Mereka tetap bersikukuh dan teguh pendirian. Hayo, lebih semangat lagi, ya. 

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Selalu Ada di Sekitarmu, Punya Teman Kepo?

3. Terlalu bersemangat di awal tapi mulai melambat kemudian

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Anthony Shkraba)

Tipe berikutnya yang paling sering ditemukan adalah mereka yang sangat bersemangat di awal. Namun, seiring berjalannya waktu dan hasil yang belum terlihat jelas, semangat pun mulai menurun. Siapa nih yang suka begini ketika memulai sesuatu?

Ingat ya, gak ada hasil yang instan. Gak ada bisnis yang langsung meningkat pesat. Apalagi kalau kita baru merintis dan masih belajar. Jangan gampang patah semangat! 

4. Banyak belajar hingga kebanyakan teori

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Belajar sebelum memulai bisnis tentu wajib hukumnya. Eits, tapi jangan sampai terlalu banyak teori juga, lho. Kita akan ketakutan memulai kalau sudah lebih dulu memikirkan kerugian, untung yang gak seberapa, kemungkinan gagal, dan lain sebagainya.

Pelajarilah teori secukupnya, dan segeralah mulai bisnismu tanpa ragu. Sebab, semuanya hanya akan bisa dikuasai jika kita terjun langsung dalam bisnis tersebut. Bukan sekedar membayangkan, aja. 

5. Maju mundur, tarik ulur

5 Tipikal Orang saat Mulai Berbisnis, dari yang Serius Hingga Santai!ilustrasi pasangan bekerja (pexels.com/cottonbro)

Tipe lain juga ada nih, guys. Yaitu mereka yang sering maju mundur, tarik ulur. Alias, mereka yang kadang bersemangat, tapi kemudian malas-malasan. Di lain waktu, mereka kembali menggebu-gebu, namun gak lama kemudian mereka juga yang kembali memilih bersantai.

Namanya berbisnis itu harus konsisten, dong. Kalau cuma bersemangat di waktu tertentu, apa bisnismu bisa maju?

Memulai sesuatu itu memang gak mudah. Ada aja halangan, rintangan, dan tantangan yang harus dihadapi. Tapi, kamu harus tetap semangat, ya. Jadilah tipe pebisnis yang memiliki mental sukses. Setuju? 

Baca Juga: 5 Kunci Lancar dalam Berbisnis, Dijamin Sukses dan Berkembang Pesat! 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya