Comscore Tracker

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitasking

Cuma orang-orang tertentu yang bisa multi-tasking, lho guys

Multi-tasking adalah kemampuan melakukan berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Gak cuma mampu melakukannya, multi-tasker sejati juga berhasil membuktikan dengan menunjukkan hasil maksimal pada pekerjaan-pekerjaannya tersebut.

Bagi kamu yang penasaran banget pengen mencoba menjadi seorang multi-tasker, ini nih beberapa tips ampuh buat kamu.

1. Latihlah kebiasaan memperkirakan waktu yang tepat untuk setiap pekerjaan yang kamu lakukan

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitaskingpexels.com/Roman Pohorecki

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin punya keahlian multi-tasking, adalah kamu harus mampu membagi waktu dengan baik. Nah, sebelum masuk pada tahapan membagi waktu, kamu perlu memperkirakan terlebih dahulu seberapa banyak waktu yang kamu lakukan dalam satu pekerjaan.

Semua pekerjaan yang ingin kamu tekuni, harus kamu buat perkiraan waktunya. Sehingga, nanti saat kamu mulai melakukan kegiatan multi-tasking ini, kamu gak kelimpungan karena mepet deadline.

2. Mengurangi kebiasaan panik dengan memiliki self-control yang baik

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitaskingpexels.com/Lukas

Selanjutnya, kamu perlu juga melatih self-control mu. Kenapa? Karena hal ini adalah modal utama agar tidak mudah panik ketika menghadapi banyaknya tekanan pekerjaan. Selain itu, self-control juga diperlukan untuk membuat kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan pikiran yang tenang dan memberikan hasil yang maksimal.

3. Tantanglah dirimu sendiri untuk bisa membagi fokus pada beberapa pekerjaan sekaligus

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitaskingpexels.com/ChristinaMorillo

Jika sudah mampu membagi waktu dan memiliki self-control yang baik, saatnya kamu memulai dengan hal sepele terlebih dahulu. Gak perlu langsung melompat pada pekerjaan besar dengan tanggung jawab yang tidak main-main, mulailah dengan menantang dirimu melakukan beberapa pekerjaan rumah dalam waktu bersamaan. Jika kamu sukses, selamat, itu tanda kamu siap menjadi multi-tasker yang sesungguhnya.

Baca Juga: 6 Hal Ini Akan Terjadi Kalo Kamu Gak Bisa Konsisten Saat Multitasking

4. Kamu juga bisa memberi penghargaan kepada dirimu setiap selesai melakukan dua hal dalam waktu bersamaan

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitaskingpexels.com/Bruce mars

Ingat untuk selalu memberikan penghargaan kepada dirimu saat kamu berhasil menaklukan tantangan multi-tasking ini. Dengan begitu kamu tidak mudah menyerah dan selalu memiliki motivasi baru setiap harinya. Penghargaan ini juga bertujuan untuk menjadikan kamu orang yang bahagia dan mencintai diri sendiri.

5. Hanya lakukan kebiasaan multi-tasking pada pekerjaan yang kamu sukai atau kamu kuasai biar gak gampang stres

5 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Ahli Multitaskingpexels.com/dinesh kartik

Jika ada kemungkinan untuk memilih, maka lakukanlah pilihan yang bijak. Melakukan pekerjaan multi-tasking akan menguras tenaga dan pikiranmu dengan lebih. Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah pekerjaan yang benar-benar kamu sukai atau paling tidak, kamu kuasai. Sehingga saat melakukannya nanti, kamu tidak mudah stres dan depresi.

Siap jadi multi-tasker yang sesungguhnya?

Baca Juga: 8 Tips Supaya Kamu Bisa Multitasking dan Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You