Comscore Tracker

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidup

Gak akan terwujud tanpa usaha! #IDNTimesLife

Siapa pun yang sudah memiliki tujuan dalam hidupnya, patut untuk merasa bersyukur. Pasalnya, gak banyak lho orang yang benar-benar bisa menemukan apa yang dia inginkan dalam hidup ini. Kebanyakan orang masih bingung dan memilih untuk menjalani hidup ibarat mengikuti arus air yang mengalir. 

Sayangnya, mereka yang punya tujuan hidup pun terkadang masih terkatung-katung dan merasakan kebingungan. Masalahnya, mereka gak tau cara untuk mewujudkannya, atau terlalu berambisi hingga melupakan hal-hal lain yang juga harusnya diperhatikan. Ujung-ujungnya, tujuan hidup pun terlupakan dan gagal terwujud. 

Nah, daripada mengalami kejadian gak mengenakkan semacam itu, kita perlu tau kunci dari mewujudkan sebuah tujuan nih. Salah satunya adalah dengan konsistensi. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa terus konsisten dalam mengejar tujuan hidup? Ini nih lima tips yang bisa kamu aplikasikan. 

1. Fokus pada satu tujuan aja

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidupilustrasi orang bekerja (pexels.com/Oleg Magni)

Konsisten akan menjadi sangat sulit untuk diterapkan jika kita punya terlalu banyak tujuan hidup. Kita jadi gampang teralihkan dan merasa ingin menyerah pada salah satu diantara tujuan-tujuan tersebut. Makanya, penting banget untuk bisa fokus hanya pada satu tujuan aja. Agar, keinginan untuk menyerah pun bisa kita tepis dan abaikan.

2. Luangkan waktu setiap harinya untuk melakukan sesuatu demi mewujudkan target tersebut

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidupilustrasi orang bekerja (pexels.com/Kaushal Moradiya)

Konsisten adalah sebuah usaha untuk melakukan sesuatu secara terus menerus. Salah satu caranya tentu adalah dengan mendisiplinkan diri. Pastikan kamu meluangkan waktu beberapa menit atau beberapa jam dalam sehari untuk melakukan sesuatu demi mewujudkan target tersebut. Lama-kelamaan, ini akan jadi sebuah kebiasaan baik yang gak bisa kamu tinggalkan. Coba aja, guys!

3. Pastikan kamu berada di lingkungan yang mendukung

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidupilustrasi saling mendukung (pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro)

Gak cuma dari diri sendiri, untuk bisa konsisten mengejar tujuan hidup, kamu juga memerlukan dukungan orang sekitar. Lingkungan yang suportif dan positif akan membuat kamu lebih mudah untuk bisa konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Jadi, jangan lupa untuk menghindari orang toxic, ya.

Baca Juga: 5 Cara yang Harus Konsisten Dilakukan agar Berhasil Mengupgrade Diri

4. Siapkan mental untuk mengabaikan komentar negatif

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidupilustrasi orang merenung (pexels.com/Liza Summer)

Namanya perjuangan, tentu akan selalu ada yang memberi komentar, saran, hingga sindiran. Kamu harus sudah mempersiapkan diri untuk menyeleksi bentuk masukan seperti itu, ya. Bagaimanapun juga, kesehatan mental mu perlu dijaga demi bisa terus konsisten dan gak gampang menyerah. Ingatlah bahwa komentar negatif gak akan bisa mempengaruhimu kecuali jika kamu mengizinkannya.

5. Jangan lupa beristirahat sesekali

5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidupilustrasi orang bersantai (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Konsisten dan penuh ambisi bukan berarti kamu jadi mengabaikan kesehatan dirimu baik secara fisik dan mental. Berikan waktu libur minimal satu kali dalam seminggu untuk dirimu agar bisa beristirahat. Kalau gak begini, kamu akan gampang frustasi dan emosi ketika tujuanmu gak kunjung terwujud sesuai keinginan.

Konsistensi memang menjadi salah satu kunci sukses yang gak boleh dilupakan. Tetap semangat untuk meraih tujuan hidup yang kamu cita-citakan dan terapkan lima tips diatas demi bisa terus konsisten. Jangan lupa juga sertai usahamu dengan doa dan upaya yang maksimal. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Bisa Konsisten dalam Melakukan Segala Hal

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya