Comscore Tracker

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!

Gak konsisten bikin rugi, lho!

Menyerah adalah suatu tindakan yang pengecut banget. Apalagi, kalau usaha yang dilakukan belum maksimal tapi sudah keburu menyerah duluan. Duh, ini sih menunjukkan betapa kamu sangat gak bertanggung jawab terhadap pilihan yang sudah kamu buat.

Penyebab seseorang jadi cepat menyerah itu beragam banget. Tapi, yang pasti gak ada yang baik deh dari hal ini. Pasalnya, gampang menyerah memang hanya dilakukan oleh orang-orang yang gak mau berusaha. Jangan sampai kita jadi orang dengan karakter yang seperti ini ya.

Nah, biar terhindar dari kebiasaan cepat menyerah, yuk simak penyebab-penyebabnya berikut ini gengs.

1. Menginginkan hasil yang instan dan enggan berusaha dari nol

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!pexels.com/fauxels

Biasanya nih, orang yang ingin hasil cepat dan instan adalah orang yang rentan banget dengan godaan untuk menyerah. Mereka yang gak sabaran seperti ini gak mau mengalami lelahnya berjuang dari nol dan ingin segera mencicipi hasil yang luar biasa. Padahal, sebuah kesuksesan gak akan didapat tanpa usaha yang juga maksimal. Setuju kan, guys?

2. Mengambil hati semua perkataan negatif orang lain

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!pexels/Ivan Samkov

Keinginan untuk menyerah juga bisa banget dipicu dari perkataan orang lain. Banyak banget orang yang gak senang melihat kita sukses, lho. Mereka ini biasanya memang sengaja melontarkan kalimat merendahkan atau menjatuhkan agar kita patah semangat. Jika sampai termakan dengan ucapan negatif begini, kita jadi gampang menyerah lho.

3. Enggan belajar dari kesalahan

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!Pexels.com/mentatdgt

Hal yang menghambat kita dari kesuksesan, salah satunya adalah enggan belajar dari kesalahan. Akibat gak juga meraih hasil yang diinginkan, kitapun jadi ingin menyerah dengan segera kan? Padahal, sebuah kesalahan harusnya bisa kita manfaatkan sebagai bahan pembelajaran agar mengambil langkah yang berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Cara agar Kita Termotivasi dan Gak Iri Lihat Kesuksesan Orang Lain

4. Gak konsisten dan kurang disiplin

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!unsplash/@elizabethlies

Menyerah juga menjadi semacam pilihan yang terbuka lebar bagi mereka yang memang sedari awal sudah gak konsisten dalam berusaha serta gak disiplin terhadap diri sendiri. Pasalnya, semangat yang dimiliki juga naik turun dan gak didukung dengan tindakan yang tepat. Makanya jadi setengah-setengah deh. Hasil yang didapatpun ikut jadi setengah-setengah juga.

5. Menganggap remeh sebuah perencanaan

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!unsplash/Ali Yahya

Sebelum memulai sebuah usaha, perencanaan yang matang adalah modal utama yang jangan sampai ditinggalkan. Meremehkan hal yang satu ini hanya akan membuat kamu jadi gampang menyerah. Sesuatu yang dilakukan tanpa perencanaan, hanya akan mendatangkan kerugian dan gak benar-benar berhasil sesuai harapan.

6. Punya mental lemah dan sangat pesimis

6 Hal Beracun Penyebab Seseorang Jadi Terlalu Cepat Menyerah, Hindari!unsplash/Luis Villasmil

Gampang menyerah gak akan terjadi jika orang yang bersangkutan memiliki mental dan tekad yang kuat. Sebaliknya, jika mentalnya lemah dan berjiwa pesimis, sudah pasti dia akan gampang banget menyerah pada keadaan. Hayo, jangan sampai kita termasuk orang yang begini ya.

Saat kita sudah memutuskan untuk memulai sebuah usaha, pastikan kita sudah mengumpulkan tekad dan membuat perencanaan yang matang. Jangan biarkan faktor luar dan bahkan faktor dalam diri sendiri melemahkan niat dan menjadikan kita orang yang gampang menyerah. Sukses pasti diraih jika kita mau terus berusaha. Yuk semangat!

Baca Juga: 5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan Karier

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya