Comscore Tracker

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang Lain

#GoodLife Stop jadi netizen julid ya guys

Menghakimi orang lain dan menganggap diri kita yang paling benar adalah salah satu tindakan tidak terpuji yang sekarang semakin banyak dilakukan orang-orang. Apalagi di medsos, dimana semua orang bisa menghujat tanpa berhadapan langsung dengan orangnya. Kebiasaan ini akan membawa keburukan bagi diri kita sendiri nantinya lho.

Nah, sebelum men-judge hidup orang lain baik di dunia nyata maupun di dunia maya, yuk renungkan dulu hal-hal berikut ini.

1. Berkacalah, memang kamu sendiri sudah sempurna?

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang LainPexels.com/IvanObolensky

Berkaca disini maksudnya adalah melakukan introspeksi terhadap diri sendiri. Apakah hidup kita sudah sempurna? Apakah kita tidak pernah berbuat salah? Jika jawabannya sudah kamu temukan, maka saatnya untuk menyadari bahwa kita tidak punya hak untuk menghujat hidup orang lain sementara hidup kita juga masih belum tentu benar.

2. Pikirkan perasaan orang yang judge tersebut

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang Lainpexels.com/rawpixel.com

Karena semua orang memiliki perasaan, cobalah lebih peka dan mengerti isi hati orang lain. Meskipun kamu merasa dirimu benar, dengan menyakiti orang lain berarti kamu juga sudah berbuat salah. Memang kamu mau kalau dijudge banyak orang juga?

3. Bayangkan bagaimana jika kamu berada di posisinya, apakah kamu bisa berbuat lebih baik?

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang LainPexels.com/THECOLLAB.

Ini nih poin yang cukup penting. Memang mudah bagimu untuk menghakimi tindakan atau kelakuan orang lain karena kamu tidak berada di posisinya. Coba deh bayangkan jika kamu yang menjalani hidup sebagai dia, apakah kamu bisa menjadi lebih baik?

Baca Juga: 8 Pengingat yang Bikin Kamu Berhenti Menghakimi Masa Lalu

4. Coba ditelaah lagi deh, siapa tau orang itu punya alasan tersendiri, kamu bahkan bisa tanya langsung ke orangnya

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang LainPexels.com/BuroMillennial

Daripada menghujat di belakang dan tidak tau cerita lengkapnya, mungkin lebih baik kalau kamu tanyakan langsung ke orang yang bersangkutan. Ketika kita tidak mengetahui versi sebenarnya dari orangnya langsung, memang sangat gampang untuk menyalahkan tindakannya. Tapi, coba deh kamu meminta penjelasan yang sesungguhnya, bisa jadi kamu mampu melihat kebenaran yang tersembunyi di baliknya.

5. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, melakukan kesalahan bukan hanya akan dilakukan oleh orang tersebut tapi juga bisa dilakukan oleh kita

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang LainPexels.com/CraigAdderley

Seperti poin-poin sebelumnya, kita tidak punya hak untuk menghakimi orang lain dengan menyatakan dia melakukan hal yang salah atau benar. Karena manusia di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Jadi, alangkah lebih baik kalau kita cukup memberi nasihat jika memang dia melakukan sesuatu yang salah di mata kita.

6. Daripada men-judge orang lain, lebih baik kamu temukan kekurangan dirimu sendiri, kemudian perbaiki

Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang LainPexels,com/TrinityKubassek

Saran terbaik untuk dilakukan ketika kamu berniat men-judge orang lain adalah menemukan kekurangan dirimu sendiri. Daripada membuang waktu dan energi untuk hal yang tidak akan memberi manfaat pada hidupmu, lebih baik kenali diri sendiri. Luangkan waktu untuk memikirkan kekuranganmu dan cobalah untuk berkembang.

Menghakimi orang lain hanya pantas dilakukan jika hidupmu sudah sempurna. Pertanyaannya, kamu sudah sempurna atau belum guys?

Baca Juga: Bisa Salah Paham, Jangan Menilai Seseorang dari 7 Hal Ini, Ya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya