Comscore Tracker

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Saingan

Bersaing itu perlu, tapi gak perlu sama orang lain juga

Zaman sekarang dunia semakin penuh dengan persaingan. Banyak orang berlomba-lomba ingin tampil lebih baik dibanding orang lain. Gak jarang mereka melakukan berbagai cara demi bisa memenangkan "persaingan tidak tertulis" ini. Cara yang digunakan pun beragam bentuknya, mulai dari yang sehat hingga yang bisa merugikan orang lain.

Parahnya, sibuk bersaing dengan orang lain membuat kebanyakan kita lupa untuk menjadi orang yang lebih baik dibanding diri kita sendiri di masa lalu. Nah, untuk itulah, artikel ini mau membahas kenapa bersaing sama orang lain itu sebenarnya gak perlu kita lakukan. Yuk simak dan hayati bersama ya.

1. Akan selalu ada orang lain yang lebih hebat dari kita

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Sainganunsplash/Alex Mihai

Yang namanya kehidupan, sehebat apapun kita, akan selalu ada orang lain yang lebih hebat lagi dibanding kita. Karena pada dasarnya, manusia diciptakan dengan kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda.

Sehingga, sangat gak banget deh kalau kita terus mau bersaing dengan orang lain. Perlu dicatat, masing-masing orang punya porsinya sendiri-sendiri yang terkadang gak selalu bisa kita ikuti.

2. Yang betul adalah menjadikan diri sendiri sebagai saingan

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Sainganunsplash/Mason Wilkes

Alangkah lebih bijak dan dewasa jika kita memilih untuk bersaing dengan diri sendiri. Bersaing dengan diri sendiri jelas ada manfaatnya. Dan juga akan jelas terlihat pencapaiannya. Terlebih, karena kita lebih mengenal diri sendiri dibanding orang lain. Selain itu, potensi yang kita miliki juga jadi lebih baik.

3. Kita semua harus lebih baik dibanding diri kita di hari kemarin

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Sainganpexels/Matthias Cooper

Ketimbang bersaing dengan orang lain yang belum tentu membawa manfaat yang nyata untuk kita, bersaing dengan diri sendiri menjadikan kita termotivasi untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Bersaing dengan diri sendiri juga mendorong kita untuk memiliki tujuan yang lebih jelas untuk dicapai. Sehingga, kesuksesan juga akan dapat kita raih.

Baca Juga: 5 Langkah Menghindari Persaingan Tak Sehat dengan Teman Sendiri

4. Dengan begitu, setiap hari kita akan menjadi pribadi yang lebih baik

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Sainganunpslash/Ryan Moreno

Setiap hari, kita akan merasakan awal yang baru untuk memulai sesuatu dan melakukan tindakan nyata agar kesalahan di hari kemarin tidak lagi terulang. Coba bandingkan jika kamu terus terobsesi untuk bersaing dengan orang lain, yang kamu dapat hanyalah perasaan gelisah dan tidak tenang setiap harinya. Duh, gak banget kan.

5. Dan tentunya tujuan perubahan kita lebih jelas dibanding ketika saingan kita adalah orang lain

Gak Bijak, Ini 5 Alasan Gak Perlu Jadikan Orang Lain sebagai Sainganunsplash/rawpixel

Tujuan persaingan pun lebih jelas. Jika bersaing dengan orang lain kamu mungkin awalnya hanya ingin bersaing dengan kesuksesannya dalam pekerjaan, tapi karena terbawa perasaan, lama kelamaan kamu mulai iri terhadap keluarganya, fisiknya, pendidikannya, dan lain sebagainya. Berbeda jika kamu bersaing dengan diri sendiri. Kamu tau apa yang ingin kamu ubah, apa yang harus lebih baik, dan seterusnya.

Bersaing dengan orang lain menjadikan kita pribadi yang negatif, selalu merasa kurang, selalu merasa dunia tidak adil, dan lainnya. Sementara, bersaing dengan diri sendiri akan membuat kita lebih positif dan mampu menyongsong masa depan dengan lebih bersemangat. Setuju?

Baca Juga: Terapkan 7 Cara Ini Supaya Kamu Gak Tenggelam Dalam Persaingan Kantor

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You