Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!

Membenci cuma bikin capek, kan?

Ibarat dua sisi koin yang selalu saling melengkapi, begitulah perasaan kita. Ada suka tentu juga ada benci. Ketika kita bisa dengan mudahnya menyukai seseorang, rasa benci pada orang lain juga bisa datang begitu saja.

Penyebab munculnya kebencian atau rasa gak suka ada bermacam ragamnya, entah itu karena dia jahat, suka berkata kasar, sifatnya yang gak baik, dan lain sebagainya. Namun, pada dasarnya kita gak pernah bisa membenci seseorang dengan sepenuhnya, lho. Ini dia alasannya.

1. Hati nuranimu pasti mengarahkan untuk gak membenci siapapun

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!unsplash/SHTTEFAN

Ketika terlahir di dunia ini, kita dibekali sebuah hati nurani yang selalu membimbing kita untuk melakukan hal-hal baik. Jika kamu mau mendengar kata hatimu ini, pasti deh sebenarnya kamu gak benar-benar membenci seseorang tersebut. Yuk biasakan mempertajam batin kita untuk mendengar hati nurani ini. 

2. Kamu tahu bahwa orang tersebut pasti punya masalah dalam hidupnya

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!unsplash/Ben White

Sebenci apapun kita pada seseorang, sejahat apapun orang tersebut, pasti mereka punya masalah dalam hidupnya. Atau jangan-jangan, kamu malah tau betul alasan orang tersebut berbuat hal-hal yang menyakiti hatimu itu. Nah kalau begini, rasa kasihan juga sebenarnya kamu rasakan padanya, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membenci Secara Ekstrim Atas Suatu Hal  

3. Terkadang, kamu sebenarnya lupa sama rasa benci itu

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!unsplash/Alex Alvarez

Ketika seseorang berbuat sesuatu yang membuat kita membencinya mati-matian, sebenarnya ada kalanya kita justru lupa pada perbuatannya itu kan? Pada saat-saat seperti ini, kita sebenarnya bisa bersikap netral dan gak membenci orang tersebut sepenuhnya. 

4. Lagipula, membenci seseorang cuma bikin kamu capek sendiri, kan?

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!unsplash/Zohre Nemati

Dilihat dari sudut pandang manapun, membenci seseorang cuma bikin kamu capek sendiri. Pertama, orang itu mungkin gak sadar bahwa kamu membencinya. Atau kedua, orang itu gak peduli sama sekali walaupun kamu membencinya sampai muak. Kalau sudah begini, jadi capek sendiri deh. 

5. Daripada membenci bukankah memaafkan lebih ringan untuk dilakukan?

5 Alasan Kamu Gak Bisa Sepenuhnya Membenci Seseorang, Dengar Hatimu!unsplash/Helena Lopes

Alasan-alasan di atas, pastinya sudah cukup kuat dong untuk membuat kita gak membenci seseorang dengan berlebihan. Rasa benci berlebihan gak ada untungnya dan gak memberi manfaat apa-apa pada kita. Mata kita akan tertutup dari kebaikan yang dilakukan orang tersebut karena kebencian yang berakar. 

Daripada menumbuhkan kebencian, memaafkan justru lebih mudah dan ringan. Hati kita juga akan lebih lega dan hidup pun terasa lebih menyenangkan. Masih mau membenci?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Membenci Musuh Gak Selamanya Baik

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya