Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagia

Kamu bisa "meledak" jika menyimpan emosi sendirian!

Emosi yang ada dalam diri kita, gak cuma selalu soal senang dan bahagia. Kadang kala, ada momen di mana kita merasa sedih, kecewa, marah dan lain sebagainya. Menurut kamu, wajar gak sih ketika kita dianugerahi semua emosi tersebut namun yang kita tunjukkan hanya selalu bahagia? Bahkan, kita sampai rela berpura-pura bahagia meski hati sedang sedih dan gundah gulana?

Kebiasaan berpura-pura bahagia ini akan menimbulkan lima dampak negatif berikut dalam hidupmu. 

1. Kamu akan lupa bagaimana bahagia yang sesungguhnya

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagiaunsplash/Siavash Ganbari

Terbiasa berpura-pura bahagia bisa sebabkan kamu merasa bingung untuk membedakan ketika kamu sedang benar-benar bahagia. Kebingungan ini bisa banget menjadi penyebab kamu merasa gak pernah benar-benar bahagia. Alhasil, semua topeng kebahagiaan yang kamu kenakan, akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. 

2. Orang lain akan memperlakukan kamu dengan semena-mena karena merasa kamu gak masalah dengan hal itu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagiaunsplash/Priscilla Du Preez

Melihat kamu yang gak pernah mengeluarkan emosi secara jelas, gak pernah marah, gak pernah kecewa, dan selalu terlihat fine, membuat orang lain dengan mudahnya akan menyakitimu. Mereka mengira bahwa kamu tidak akan terluka dan selalu baik-baik saja meski diperlakukan seperti apapun. Jangan salahkan siapa-siapa jika kamu akhirnya akan diperlakukan semena-mena. 

Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosi

3. Secara mental, kamu akan kelelahan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagiaunsplash/Thu' Anh

Karena pada hakikatnya manusia memiliki berbagai emosi, memendam semuanya seorang diri dan hanya menampilkan sisi bahagiamu saja bisa membuat kamu kelelahan lho. Bukan secara fisik, namun mentalmu lah yang akan lemah. Kelelahan jenis ini juga berbahaya dan tentunya perlu untuk diistirahatkan. Caranya? Sesekali tunjukkanlah emosimu yang sesungguhnya.

4. Yang gawat adalah jika kamu sampai kehilangan jati diri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagiaunsplash/Antonino Vinsalli

Berpura-pura bahagia juga bisa menimbulkan efek yang berbahaya pada dirimu. Yaitu, kehilangan jati diri. Seseorang yang terus menerus berpura-pura, akan menyebabkan dia lupa bagaimana cara menjadi diri sendiri. Lupa bagaimana harusnya dia menyikapi berbagai permasalahan yang ada.

5. Gak masalah untuk sesekali menunjukkan emosi yang kamu rasakan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Menerus Pura-pura Bahagiaunsplash/Clem Onojeghuo

Ingat ya, kita gak harus selalu berpura-pura bahagia kok. Ketika kita sudah diperlakukan semena-mena, menunjukkan ketegasan juga perlu untuk dilakukan. Begitupun dengan berbagai emosi lainnya. Semua emosi bisa kamu tunjukkan di saat yang tepat kok.

Menyebar kebahagiaan dan energi positif memang diperlukan. Namun, selalu berpura-pura bahagia gak akan memberi manfaat bagi kamu. Justru, berdampak gak baik bagi dirimu sendiri.

Baca Juga: 6 Faktor Eksternal Penyumbang Kebahagiaan Seseorang, Apa Saja?

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You