Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lain

Belum tentu kita sanggup menghadapi masalah serupa!

Saat melihat orang lain ditimpa musibah, idealnya, kita menaruh simpati dan merasa prihatin atas kondisi orang tersebut. Namun, di dunia penuh gimik dan pencitraan seperti zaman sekarang, kita merasa wajar untuk menganggap remeh musibah yang menimpa orang lain. Apalagi, jika yang bersangkutan justru terlihat asyik mengumbar masalahnya di media sosial.

Namun, sejatinya kita gak boleh juga lho menyepelekan masalah orang lain. Kenapa? Ini nih beberapa alasannya. 

1. Kita gak tahu apa yang sudah dilalui orang tersebut sebelumnya

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lainunsplash/Mattheus Ferrero

Meski terlihat remeh di permukaan, masalah seseorang bisa saja sangat berat akibat apa yang sudah dilaluinya sebelum ini. Bisa jadi, dia sudah melewati berbagai rintangan hidup yang gak ringan. Sehingga masalahnya kali ini sangat memberatkan pikirannya. 

2. Kita juga gak mengerti apakah masalah yang dihadapi hanya itu saja

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lainunsplash/Fabrizio Verrecchia

Masalah kecil juga akan terasa besar ketika kita gak cuma memiliki satu masalah aja kan? Nah, kita pasti gak tau masalah apa aja yang sedang disandang oleh orang tersebut. Makanya, jangan sampai kita menyepelekan apa yang menimpa seseorang tanpa mengenal betul dirinya. 

Baca Juga: 5 Cara Temukan Solusi Terbaik Ketika Masalah Datang Bertubi-tubi

3. Selain itu, kondisi fisik dan mentalnya juga gak sama seperti kamu

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang LainUnsplash/Cole Hutson

Alasan berikutnya untuk gak menganggap remeh masalah orang lain adalah karena orang itu bukan dirimu. Kita mungkin punya pola pikir yang berbeda atau fisik yang bisa saja lebih kuat untuk mencari pemecahan masalah tersebut. Tapi, bagaimana dengan orang yang bersangkutan? Dia bisa jadi gak cukup pandai atau gak cukup kuat seperti kamu, jadi sebaiknya stop menghakimi dan berikan bantuan!

4. Lingkungannya pun mungkin gak semendukung lingkunganmu

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lainunsplash/Sam Manns

Faktor eksternal seperti lingkungan juga bisa menjadikan masalah yang kita anggap sepele ternyata begitu berat bagi orang lain. Gak semua orang seberuntung kamu yang mungkin begitu didukung oleh keluarga dan sahabat. Gak semua orang punya relasi yang menguntungkan seperti dirimu sehingga mereka mudah mengeluh saat ditimpa masalah. 

5. Yang pasti, kita gak berhak sedikitpun menganggap remeh masalah orang lain

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang LainPexels/Jure Širić

Alasan paling utama dari semuanya adalah bahwa bagaimanapun juga, kita gak punya sama sekali untuk menyepelekan masalah orang lain. Apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi. Bahkan jika pun kita sudah mengetahui semuanya, kita gak tau apa-apa soal isi pikiran orang tersebut.

Jadi, alih-alih menyepelekan masalah yang menimpa orang lain, lebih baik kamu mencoba membantu orang tersebut. Sehingga, apa yang kamu anggap sepele, juga bisa dipandang sesederhana itu oleh yang bersangkutan. Siap gak?

Baca Juga: 5 Cara Memancing Pasangan Menceritakan Masalah yang Dia Pendam

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya