Comscore Tracker

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikan

Terutama omongan orang yang dekat denganmu

Begitu seringnya kita mendapat komentar negatif yang menyakitkan hati, kita seringkali memilih untuk mengabaikan semua komentar yang masuk. Tanpa menyaring terlebih dahulu mana yang perlu didengar dan mana yang gak, kita jadi orang yang terlalu cuek atas omongan orang lain. Padahal, beberapa orang memberi masukan yang benar-benar berguna dan perlu kita dengar, lho.

Selain itu, ada alasan lainnya juga nih kenapa dalam beberapa kasus tertentu, kamu tetap perlu mendengar omongan orang lain. 

1. Ucapan orang lain gak selalu salah, beberapa juga ada benarnya

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikanunsplash/Priscilla Du Preez

Menelan mentah-mentah semua ujaran orang lain memang gak bisa dibenarkan. Namun, menolak mendengarkan semua komentar tentang diri kita juga bukan hal yang bijak untuk dilakukan. Karena, beberapa orang ada benarnya juga lo. Bahkan, bisa dibilang, sebagian dari mereka memberikan masukan demi kebaikan kita juga.

2. Agar kita juga belajar untuk menerima kritik

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikanunsplash/NeONBRAND

Mendengarkan komentar orang lain juga membuat kita belajar menerima kritik. Jika bersikap acuh hanya akan membuat kita jadi pribadi yang cuek, mendengarkan omongan orang lain sedikit banyak memberikan pelajaran bagi hidup kita. Jadi, lebih baik mendapat pelajaran hidup daripada gak sama sekali kan?

Baca Juga: 5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lain

3. Kita juga akan memahami perbedaan antara kritik, saran, dan hujatan

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikanunsplash/Aziz Acharki

Keuntungan lainnya yang kita dapat dari kebiasaan mendengarkan omongan orang lain adalah kemampuan kita untuk membedakan antara kritik, saran, dan hujatan akan lebih terasah. Ke depannya, kemampuan ini akan membuat kita lebih bisa memilah dan memilih mana yang harus didengarkan, dan mana yang perlu diabaikan begitu saja. 

4. Melalui hal itu, kita juga jadi tahu bagaimana cara memberi kritik yang seharusnya

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikanunsplash/Priscilla Du Preez

Selanjutnya, dari kemampuan kita menganalisa ketiga perbedaan yang tadi disebutkan di poin sebelumnya, kita jadi bisa menempatkan diri. Ketika ingin memberi saran dan masukan bagi orang lain, kita akan lebih mampu memilih diksi yang seharusnya digunakan. Terlebih, kita bisa terhindar dari label "netizen maha benar" yang sering diberikan pada orang-orang yang hanya bisa memberikan komentar tanpa peduli perasaan orang lain.

5. Melatih kontrol diri dan kesabaran yang kita miliki

5 Alasan Sesekali Perlu Mendengar Omongan Orang Lain, Jangan Diabaikanunsplash/Sam Manns

Mendengarkan komentar, baik itu positif ataupun negatif adalah salah satu cara untuk melatih kesabaran kita. Selain itu, cara mengontrol diri juga akan semakin terasah seiring banyaknya komentar yang kamu dapatkan. Karena, rasa sabar gak akan bisa didapatkan begitu saja tanpa dilatih dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, selain mengabaikan, ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika mendapat komentar dari orang lain. Kita juga bisa sekalian belajar melatih emosi dan kesabaran agar gak menjadi orang yang pemarah juga egois. Setuju gak?

Baca Juga: 5 Alasan Penting Kenapa Generasi Milenial Wajib Mendengarkan Podcast

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You