Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lain

#IDNTimesLife Apa ada yang disembunyikan?

Pernah gak sih kamu ketemu sama orang yang ketika berada di depan orang lain dia berbeda 180 derajat? Sikapnya, tindak tanduknya, tutur katanya, dan semua yang dia tunjukkan sungguh bukan dirinya sama sekali. Atau malah kamu sendiri yang sering begini?

Ada banyak banget penyebab seseorang bisa menunjukkan sisi yang berbeda pada orang lain yang pertama kali dia temui. Namun, meski begitu, bukan berarti hal tersebut bisa dibenarkan. Bukankah jadi diri sendiri di hadapan siapa pun itu lebih nyaman dan gak bikin kita dianggap munafik? 

Ini nih beberapa alasan kenapa seseorang selalu jadi orang lain saat di hadapan orang baru. Kira-kira, alasanmu yang nomor berapa nih, guys?

1. Takut dijauhi orang lain jika menjadi dirinya sendiri

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lainpexels.com/RODNAE Production

Meski terdengar ganjil, namun gak sedikit lho orang yang memiliki ketakutan bahwa dirinya sendiri itu gak cukup baik. Dia seakan perlu menjadi orang lain dengan kepribadian yang berbeda agar mendapat kesan yang baik. Padahal, bisa jadi dirinya sendiri pun sebenarnya sudah cukup bisa diterima orang di sekitarnya. 

2. Memiliki masalah dalam menaruh kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lainpexels.com/Alexander Suhorucov

Memiliki trust issue juga bisa jadi penyebab kenapa seseorang gak bisa jadi dirinya sendiri saat baru pertama kali berkenalan dengan seseorang. Dia susah untuk menaruh kepercayaan kepada orang lain sehingga merasa perlu untuk berpura-pura. Begitupun kepada dirinya sendiri, dia merasa kurang yakin bahwa dirinya yang apa adanya bisa membuat orang lain terkesan. 

3. Kurang mengenali diri sendiri 

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lainpexels.com/Chalotte May

Ada juga nih tipe orang yang suka menunjukkan sisi berbeda karena kurangnya kemampuannya dalam mengenali diri sendiri. Dia gak tau mana yang merupakan kepribadiannya, bagaimana dia biasanya bersikap, tindakan seperti apa yang sering dia tunjukkan pada orang lain. Sehingga, saat berhadapan dengan orang baru, dia pun mengalami kebingungan. 

Baca Juga: 5 Sifat yang Hanya Dimiliki oleh Tukang Selingkuh, Kenali Tandanya!

4. Bermuka dua dan memiliki sifat fake

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lainpexels.com/Ketut Subiyanto

Walaupun menyebalkan, fakta bahwa ada banyak orang fake yang suka menunjukkan sisi berbeda dirinya nyatanya memang cukup mengganggu. Kita bisa jadi mudah tertipu dengan kesan pertama yang ditunjukkan orang semacam ini. Tapi tenang aja, sepandai-pandainya seseorang berpura-pura, pada akhirnya sifat aslinya akan terkuak juga, kok. 

5. Senang memendam emosi dan perasaan negatif

5 Alasan Seseorang Menunjukkan Sisi Berbeda Dirinya pada Orang Lainpexels.com/Joao Jesus

Orang dengan energi dan emosi negatif juga biasanya akan condong untuk menunjukkan sisi berbeda dirinya di hadapan orang lain. Kecenderungan ini seringkali berasal dari rasa ketidaksukaannya pada banyak hal bahkan pada orang baru yang belum pernah dia kenal sebelumnya. Jangan heran kalau mereka ini seringkali baik di depan namun di belakang akan berbeda banget dari apa yang dia tunjukkan. 

Menjadi diri sendiri itu gak sulit kok. Yang sulit adalah mengubah pola pikir kita ketika kita menganggap bahwa menjadi orang lain di hadapan siapapun itu lebih menyenangkan. Kamu gak termasuk orang yang seperti ini kan, guys?

Baca Juga: 5 Cara Praktis Mengurangi Sifat Pemarah, Gak Lagi Buang Energi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya