Comscore Tracker

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!

Hidup gak selalu sesuai ekspektasi!

Hidup ini adalah sebuah perjalanan penuh misteri yang gak pernah bisa kita tebak. Setiap hari yang kita jalani, akan selalu memberikan kejutan. Entah itu kejutan baik, ataupun buruk. Akan selalu ada kejadian tak terduga yang membuat semuanya gak membosankan.

Sayangnya, kita seringkali melupakan fakta satu ini dan terjebak dalam beberapa ekspektasi yang gak semestinya. Padahal, kita semua tahu bahwa berekspektasi berlebihan hanya akan menenggelamkan kita dalam lautan kekecewaan.

Bahayanya, otak kita justru cenderung memupuk ekspektasi dan harapan-harapan ini agar tumbuh lebih subur. Hayo, sebelum terlambat, segera sadari bahwa lima poin berikut gak seharusnya kamu ekspektasikan. 

1. Mengira bahwa kamu gak akan melakukan kesalahan pada sesuatu yang sudah dikuasai

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Canva Studio)

Sudah menguasai sesuatu hingga masuk dalam kategori expert, gak lantas membuat kamu terhindar dari kesalahan lho. Sepandai-pandai kita berlari, pasti pernah merasakan jatuh. Begitu pula dalam kehidupan ini.

Jadi, jangan berekspektasi bahwa apapun yang sudah sangat kamu kuasai, gak akan pernah keliru kamu lakukan. Harapan semacam ini justru bisa bikin kamu sombong dan kemudian kecewa suatu saat nanti. 

2. Berharap kamu akan terus bahagia selamanya

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!ilustrasi orang berpesta (pexels.com/cottonbro)

Hidup ini ibarat roda yang terus berputar. Kadang kita di atas, kadang pula kita harus merasakan rasanya terlindas di bawah. Kadang kita bahagia bukan main, di waktu berikutnya kita bisa bersedih tiada tara.

Mengira bahwa dirimu akan selalu bahagia selamanya hanya akan membuat kamu gampang menyalahkan keadaan. Penyangkalan terhadap kesedihan yang datang juga bisa membuat kesehatan mentalmu terganggu, lho. 

3. Berekspektasi bahwa kamu dan perasaanmu gak akan pernah berubah

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Thegiansepillo)

Saat ini, jika kamu sedang jatuh cinta pada seseorang, ingatlah untuk gak terlalu berlebihan. Begitu pula jika kamu sedang membenci seseorang. Bersikaplah sewajarnya aja. Sebab, ekspektasimu bahwa perasaan dan dirimu gak akan pernah berubah hanyalah ilusi.

Semua orang pasti akan berubah seiring waktu. Begitu juga dengan perasaan. Entah itu ke arah yang buruk, atau ke arah yang lebih baik, perubahan pasti akan terjadi. 

Baca Juga: 5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahan

4. Berharap kegagalan gak akan menghampirimu selama kamu berusaha sekuat tenaga

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!ilustrasi designer (pexels.com/cottonbro)

Berberapa hal dalam hidup gak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Itu juga berlaku dalam hal keberhasilan atau kegagalan yang menghampiri kita. Jangan sampai kita terlalu percaya bahwa usaha sekuat tenaga akan selalu mendatangkan keberhasilan.

Akan ada faktor lain yang mungkin berada di luar perhitungan. Kegagalan bisa terjadi pada siapa saja. Cukup bersiap dengan berbagai kemungkinan dan jangan sampai jadi orang yang kelewat sombong. 

5. Mengira semua kebaikan dan ketulusanmu akan selalu dibalas dengan kebaikan juga

5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!ilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/RODNAE Productions)

Mengira bahwa segala kebaikan kita pada seseorang akan selalu dibalas dengan kebaikan yang serupa adalah salah satu ekspektasi yang akan menghasilkan kekecewaan yang besar. Karena memang gak semua orang bisa merasakan ketulusan yang sudah kita berikan. Jadi, alangkah lebih bijak jika kita gak mengharapkan apapun dari kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain.

Berekspektasi pada lima hal di atas bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan. Ingatlah bahwa hidup ini gak bisa kita tebak alurnya.

Jadi, jangan sampai kita berlebihan dalam berharap. Sebab hari esok menyimpan misteri yang sulit untuk diungkap. Setuju, guys

Baca Juga: 5 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Bahagia, Pratikkan!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya