Comscore Tracker

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!

Semudah tersenyum pada orang lain

Berbuat baik merupakan suatu hal yang harus kita biasakan. Sebab, apa yang kita tanam, itu pula yang akan kita tuai. Begitupun dalam hal kebaikan kepada sesama. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat orang lain merasa harinya lebih indah. 

Sayangnya, terkadang kita menganggap perbuatan baik itu cukup rumit. Seperti misalnya memberikan pinjaman kepada kerabat yang sedang membutuhkan. Atau, urusan pelik lainnya seperti memberi saran dan masukan yang berguna bagi siapapun yang sedang curhat sama kita. 

Jika menganggap perbuatan baik sebagai sesuatu yang berat, ujung-ujungnya kita pun jadi merasa berat untuk melakukannya, lho. Sebaliknya, jika kita memandang itu dari sudut pandang yang lebih sederhana, ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Ini, nih, lima di antaranya.

1. Tersenyum pada orang lain

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!ilustrasi orang mengobrol (Pexels.com/August De Richelieu)

Tersenyum pada seseorang saat sedang berpapasan adalah bentuk kebaikan yang jarang kita lakukan terutama di masa sekarang. Sibuk dengan gadget, acuh dan cuek pada sekitar, serta buru-buru karena suatu hal bikin kita sering melupakan kebiasaan tersenyum ini. Padahal, dampaknya bisa besar banget bagi orang lain dan juga diri sendiri, lho.

 
Harimu akan terasa lebih indah jika memulainya dengan menebar senyuman pada mereka yang gak sengaja berpapasan denganmu di jalan. Orang itu pun bisa jadi merasa harinya lebih baik karena sebuah senyum penyemangat darimu. 

2. Mengucapkan kata tolong, maaf, dan terimakasih

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!ilustrasi orang peduli (Pexels.com/cottonbro)

Hal sederhana namun sering disepelekan lainnya adalah tiga kata singkat penuh makna, yaitu maaf, tolong, dan terimakasih. Gak usah ragu menggunakannya di waktu yang tepat. Gak perlu juga merasa kamu tengah merendahkan diri jika melakukannya. 


Itu semua hanya pemikiranmu aja, kok. Faktanya, berkat tiga kata mujarab tersebut, kamu bisa menjalin hubungan baik dengan siapa aja. 

3. Menawarkan bantuan pada yang sedang kesulitan

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Saat melihat seseorang tengah berada dalam kesulitan, bantulah sebisamu. Ini adalah bentuk kebaikan yang semakin dilupakan orang-orang di zaman sekarang. Meningkatnya rasa individualis, semakin acuh kita pada lingkungan sekitar. 


Padahal, ketika kita membantu orang lain, maka suatu saat nanti ketika sedang mengalami kesulitan, kitapun akan mendapatkan bantuan yang gak terduga. Gak usah takut atau khawatir, niat baik pasti juga akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita. 

Baca Juga: 5 Sifat Buruk yang Harus Segera Ditinggalkan Demi Kebaikan Diri

4. Mengapresiasi atau memberi pujian pada mereka yang berhasil

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!ilustrasi orang mengobrol (Pexels.com/Armin Rimoldi)

Jika ada orang sekitarmu atau orang terdekatmu yang berhasil meraih sesuatu atau mencapai sesuatu dalam hidupnya, apresiasilah dengan tulus. Sebuah ucapan selamat disertai bingkisan sederhana mungkin bisa memberikan semangat dan mewarnai hari-harinya. Kebaikan seperti ini merupakan hal kecil yang sering kita lupakan. 

Padahal, gak ada ruginya menambah kebahagiaan dalam hati orang lain. Maka nanti kebahagiaan pun akan datang pada kita mungkin dalam bentuk yang gak disangka-sangka. 

5. Memvalidasi perasaan seseorang yang sedang bercerita ke kita

5 Bentuk Kebaikan Sederhana yang Sering Dilupakan, Padahal Bermakna!ilustrasi mertua dan menantu (Pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika ada yang sedang berkeluh kesah, curhat, atau berbagi cerita pada kita, jangan pernah langsung memojokkan atau menyudutkannya. Mungkin, tindakannya terasa salah di matamu, tapi alangkah lebih baik jika kamu terlebih dahulu berpikir melalui sudut pandangnya. Validasi perasaannya dan yakini bahwa dia sudah bercerita pada orang yang tepat. 


Kebaikan sekecil ini bisa sangat berarti bagi orang lain, lho. Gak terkecuali mereka yang sudah sering curhat sama kamu soal banyak hal. 


Berbagai kebaikan kecil lainnya bisa kita lakukan juga. Seperti bersedekah meski sedikit, menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit, meluangkan waktu untuk keluarga, dan lain sebagainya. Jangan sampai karena menyepelekan hal-hal kecil itu, kita jadi lupa melakukannya, ya. Sudahkah kamu berbuat baik hari ini? 

Baca Juga: 5 Cara Membangun First Impression yang Baik, Jaga Sikap!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya