Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat Baik

Gak usah banyak mikir, nanti gak jadi baik!

Siapa nih yang masih sering mikir-mikir kalau mau berbuat baik ke orang lain? Takut dianggap pamer lah, takut disalah pahami orang lain lah, dan pemikiran-pemikiran gak penting lainnya yang bermunculan. Eh, ujung-ujungnya malah gak jadi berbuat kebaikan.

Waduh, ini sih jelas cuma bikin kita rugi sendiri, lho. Pasalnya, berbuat baik itu gak perlu banyak pertimbangan. Ini nih alasannya. 

1. Selama kamu ikhlas, urusan sikap orang lain terhadap kebaikanmu bukanlah masalah

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat Baikpexels/Retha Ferguson

Terlalu banyak mempertimbangkan berbagai hal sebelum berbuat kebaikan akan membuat kamu kehilangan kesempatan. Padahal, jika memang ikhlas dalam berbuat sesuatu, kamu gak semestinya mengkhawatirkan apa respons, sikap, atau bahkan pikiran orang-orang terhadap kebaikanmu tersebut. Memangnya kenapa kalau mereka memandangmu sebelah mata? Kamu gak minta dihormati lewat kebaikanmu itu, kan?

2. Kebaikan akan selalu kembali dalam bentuk kebaikan pula

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat Baikpexels/fauxels

Jika kamu memang ingin berbuat baik, pasti sudah tau dong kalau kita gak perlu mengharap balasan dari kebaikan yang kita lakukan? Selain karena pamrih, ini juga bisa menimbulkan kekecewaan dalam diri kita jika kemudian balasan yang diinginkan ternyata gak kunjung muncul. Namun, bagaimanapun juga, tetaplah percaya bahwa kebaikan pasti akan kembali dalam bentuk kebaikan pula.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Keraguan yang Muncul Saat Hendak Berbuat Baik

3. Bersikap baik di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun gak akan bikin kamu rugi

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat Baikunsplash/Kelly Sikkema

Gak perlu banyak mikir sebelum berbuat baik. Apalagi, kita gak akan pernah mengalami kerugian jika memang berniat untuk membantu orang lain. Meski mungkin uang kita terpakai, atau waktu kita terbuang, dan banyak hal lainnya terasa hilang sia-sia, tapi yakin aja deh kalau sebuah kebaikan sama sekali gak akan membuat kita rugi. Selama, niatnya tulus ikhlas untuk menolong ya.

4. Sifat baik yang dipelihara juga akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik dari hari ke hari

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat Baikunsplash/Everton Vila

Alasan lain kenapa berbuat baik gak perlu banyak pertimbangan adalah karena kamu justru akan mendapat keuntungan. Yaitu  terbiasanya kamu untuk berbuat baik dari hari ke hari. Kebiasaan baik ini pastinya akan jadi kepribadian yang membentuk dirimu seutuhnya. Menarik banget kan?

5. Karena berbuat baik bukan cuma soal kamu sama manusia

5 Alasan Kamu Gak Perlu Banyak Pertimbangan dalam Berbuat BaikPexels.com/bruce mars

Terlepas dari apa pun alasan yang sering kita buat untuk menunda atau bahkan menolak berbuat baik, sebenarnya kebaikan adalah hal yang wajib dilakukan. Menolong sesama sebenarnya bukan cuma urusan antara sesama manusia aja. Tapi juga erat kaitannya dengan Tuhan. Bukankah agama mana pun selalu menekankan dan mewajibkan pengikutnya untuk menyebar kebaikan?

Setiap kali pertimbangan yang kamu anggap bisa dibenarkan sebelum berbuat baik pada orang lain muncul di benakmu, coba ingat lagi 5 hal di atas. Keraguan pun akan hilang dan kamu bisa memberikan bantuan pada siapa pun yang membutuhkan. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya