Comscore Tracker

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewa

Rentan banget untuk dikhianati!

Memiliki harapan dan ekspektasi pada orang lain, pasti pernah kita alami. Tapi biasanya, ending-nya selalu sama. Yap, kita akan gampang banget merasa kecewa. Alangkah baiknya jika kebiasaan satu ini segera kita kurangi atau bahkan hilangkan. Agar, gak gampang diserang rasa kecewa. Kenapa, sih kecewa itu bisa datang? Ini, nih penjelasannya. 

1. Manusia itu gampang banget berubah

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewailustrasi orang marah (Pexels.com/Liza Summer)

Rasa kecewa bisa muncul saat kita bergantung pada orang lain karena yang namanya manusia itu gampang banget berubah. Satu waktu mereka bisa jadi sangat manis dan baik, namun di waktu berikutnya mereka akan judes dan ketus. 

Selalu berharap seseorang akan terus menyukaimu dan menjadi orang yang selalu bisa kamu andalkan, adalah sebuah kekeliruan besar. Ini hanya akan menjerumuskanmu dalam lubang kekecewaan yang teramat besar. 

2. Mereka gak tau isi hatimu jadi gak tau yang kamu inginkan

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewailustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Mereka gak tau apa persisnya yang kamu inginkan, jadi wajar banget kalau menggantungkan harapan dan ekspektasi pada orang lain bisa membuatmu kecewa. Kamu mungkin akan mendapatkan sesuatu yang gak sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Ditambah lagi, belum tentu orang yang kamu taruh harapan setinggi langit ini benar-benar akan mewujudkan keinginanmu. Yang ada, kamu justru hanya akan berharap sendirian tanpa dia ketahui. Sakit gak, tuh? 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!

3. Kita pun gak tau isi hati orang lain, siapa tau mereka berniat jahat?

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewailustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Bergantung sama orang yang salah juga bisa membuat kita berada dalam bahaya. Mempercayai seseorang dengan berlebihan dan berharap orang tersebut bisa mengerti maksud kita, misalnya, justru bikin kita gak melihat niat jahat yang terselubung dari mereka.

Alhasil, kita pun hanya bisa terdiam saat nantinya dikecewakan. Memang ya, yang namanya bergantung sama orang lain itu gak baik. Apalagi kalau sampai berlebihan. 

4. Manusia itu gak bisa dipercaya, dalam sekejap bisa berbalik arah!

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewailustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Orang yang kita percaya luar dalam, nyatanya bisa berkhianat kapan aja. Menyerahkan seutuhnya hal-hal yang bernilai dan berharga bagi kita, pada orang lain, bisa sangat berbahaya, lho. Siapa pun bisa mengkhianati kepercayaan kita dalam sekejap. 

Setelah mengalami kejadiannya sendiri, baru deh kamu akan menyesal, kan? Bergantung dan mempercayai orang lain tentu boleh-boleh aja, tapi ingat untuk gak terlalu berlebihan. 

5. Bergantung sama diri sendiri justru lebih gak mengecewakan

Penjelasan Bergantung sama Orang Lain Bikin Gampang Kecewailustrasi orang bahagia (Pexels.com/Oleg Magni)

Gak perlu jauh-jauh mencari orang yang bisa kamu percaya dan andalkan seutuhnya. Orang itu adalah dirimu sendiri. Gak ada yang lebih bisa kamu percaya selain dirimu sendiri pada akhirnya. 

Minim banget kemungkinan kamu akan terserang rasa kecewa jika lebih memilih untuk bergantung pada diri sendiri. Dengan syarat, kamu harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Agar, kamu jadi benar-benar tau apa yang diinginkan dan juga gak berekspektasi terlalu tinggi. 

Walaupun terkadang dalam hidup kita memang gak bisa melakukan semuanya sendiri. Namun, bergantung sama orang lain memang rentan banget bikin kita kecewa. Jadi, usahakan untuk tetap realistis dan gak berlebihan dalam berharap serta percaya pada orang lain. Siap? 

Baca Juga: 5 Tips Mendapatkan Cinta Sejati, Hindari Terlalu Berharap!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya