Comscore Tracker

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic People

Orang beracun, abaikan aja!

Orang-orang yang beracun bisa dengan mudahnya memberikan komentar yang menyakitkan hati, lho! Mereka merasa dirinya begitu sempurna sehingga menghakimi dan menjatuhkan orang lain sudah jadi semacam kebiasaan yang mendarah daging dalam dirinya. Menghadapi orang semacam ini gak bisa sembarangan, lho.

Pasalnya, jika kamu sampai melakukan kesalahan dalam menyikapinya, kamu bisa menyakiti dirimu sendiri lho. Ini nih 5 kesalahan yang harus kamu hindari saat berhadapan dengan orang toksik.

1. Mendengarkan dan menanggapi komentar negatifnya

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic Peoplepexels/mentatdgt

Saat berhadapan dengan orang toksik, jangan sampai kamu mendengarkan dan menanggapi komentar negatifnya dengan sepenuh hati. Ujung-ujungnya kamu hanya akan membuat dirimu sendiri terkurung dalam rasa sedih yang gak ada obatnya. Orang-orang beracun memang pandai banget membolak balik kalimat dan seolah menunjukkan kepedulian padahal dia tengah berusaha menjatuhkan. Duh, jauhin aja deh orang begini.

2. Membiasakan diri bergaul dengannya

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic Peopleunsplash/Daiga Ellaby

Memilih teman dan pergaulan itu penting banget lho. Ada beberapa jenis orang yang gak seharusnya kamu jadikan teman, salah satunya adalah mereka yang toksik ini nih. Kalau sampai kamu membiasakan diri bergaul dengannya, bisa-bisa kamu juga akan berubah jadi orang yang toksik tanpa kamu sadari. Amit-amit deh!

Baca Juga: 5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxic

3. Mengira bahwa kamu bisa mengubah kepribadian orang tersebut

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic Peoplepexels/Sheep .

Menghadapi orang toksik cukup sewajarnya aja. Buat kamu yang masih nekat mendekati orang begini dan mengira bahwa kamu bisa mengubah kepribadian orang tersebut, nampaknya pikiran itu harus segera dihilangkan, lho. Sebab, mengubah kepribadian yang sudah mendarah daging begini susah banget. Apalagi jika pada kenyataannya dia gak merasa ada yang salah dengan dirinya.

4. Membalas hal menyakitkan yang pernah dia lakukan

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic Peoplecanva.com

Meskipun orang toksik memang senang membuat kita terluka, jangan sampai kita terpengaruh untuk membalas hal menyakitkan yang pernah dia lakukan. Balas membalas dalam keburukan gak akan mendatangkan manfaat apapun, lho. Lebih baik biarkan doakan saja semoga dia segera menyadari kejelekan sifatnya selama ini.

5. Menolak untuk mengakui bahwa mereka adalah orang-orang toksik

5 Hal Ini Gak Seharusnya Dilakukan Saat Berhadapan dengan Toxic Peopleunsplash/Toa Heftiba

Terakhir tapi juga penting untuk diingat nih, hindari untuk menolak mengakui ketoksikan dari orang-orang ini. Jika kamu sampai menutup mata dan menganggap apa yang mereka lakukan itu bukanlah hal yang keliru, kamu bisa terjebak dalam sebuah pemikiran yang keliru. Alhasil, kamu pun mulai menerima semua komentar negatifnya, membenarkannya, dan menganggap dirimu lah yang gak bisa memenuhi ekspektasi mereka.

Ingat, kebahagiaan hanya akan bisa diraih jika kita berpikiran positif dan berkumpul dengan orang-orang yang juga positif. Energi negatif dari orang-orang toksik hanya akan membuat kita selalu merana dan bersedih. Dalam menghadapi orang toksik harus banget disertai pemikiran yang teguh dan hati yang tangguh. Jangan lupa hindari 5 hal di atas. Setuju?

Baca Juga: 5 Jenis Toxic People yang Harus Diusir dari Kehidupanmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya