Comscore Tracker

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukur

Terus membanding-bandingkan gak akan ada manfaatnya

Zaman sekarang, banyak orang yang mudah sekali mengeluh. Seakan-akan, selalu ada saja yang membuat kita merasa memiliki banyak permasalahan hidup.

Sebenarnya, salah satu akar masalah dari semua keluhan kita itu adalah karena kurangnya rasa syukur yang kita miliki. Kurang bersyukur ini biasanya hadir akibat dari terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain.

Nah, biar kita berhenti dari kebiasaan tersebut, yuk tanamkan 5 hal berikut dalam benak kita.

1. Setiap bunga mekar pada tempatnya masing-masing

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukurinstagram.com/ayuindriati

Seperti halnya rezeki yang berbeda bagi setiap orang, jalan setiap orang pun berbeda-beda. Ibaratnya, seperti bunga yang mekar di tempat yang berbeda. Ada bunga yang lebih indah dan lebih subur ketika tumbuh di pegunungan, namun ada pula yang justru tumbuh indah di tanah yang kering. Begitu pulalah setiap individu di dunia ini.

2. Media sosial bukan tempat untuk membandingkan hidupmu dan hidup orang lain

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukurunsplash/Hermes Rivera

Membandingkan diri dan orang lain di zaman sekarang menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Pasalnya, media sosial yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari dianggap menjadi wadah yang tepat untuk mulai membandingkan pencapaian kita dan orang lain. Ini nih mindset yang salah dan sebenarnya perlu diubah.

Jangan pernah lagi menjadikan media sosial sebagai tolak ukur kebahagiaan seseorang. Karena, siapa sih yang mau membagikan kesedihan dan kegagalannya di depan umum? Tentu semua akan menceritakan hal-hal baik tentang dirinya di medsosnya masing-masing.

Baca Juga: 7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang Bersyukur

3. Semua orang punya permasalahannya masing-masing

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukurunsplash/alexandra marcu

Ketika kita mulai jarang bersyukur, akan ada bisikan setan yang membuat kita merasa seolah semua orang sedang bahagia dan hanya kitalah yang punya masalah. Duh, berasa seperti jadi yang paling merana ya. Padahal semua orang pada dasarnya punya permasalahan hidupnya masing-masing lho.

4. Berhenti mengucapkan kata "seandainya" atau "seharusnya"

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukurunsplash/Jeffrey Wegrzyn

"Seandainya aku dulu kuliah di jurusan itu seperti si A", atau "seharusnya aku bisa menyelesaikan studi dengan cepat seperti si B, tapi bla bla bla". Semua itu adalah kalimat yang membuat kita merasa semakin terpuruk dan menganggap orang lain lebih dalam segala hal dibanding kita. Padahal kalau mau direnungkan, tentu juga ada banyak hal dalam diri kita yang sebenarnya lebih dibandingkan orang lain, lho.

5. Belajarlah untuk selalu mampu menerima kekurangan diri sendiri

Berhenti Membandingkan Diri, Yakini 5 Hal Ini Agar Selalu Bersyukurunsplash/Aziz Acharki

Poin terakhir agar kita lebih bersyukur lagi dalam menjalani hidup adalah dengan belajar menerima kekurangan. Bukan hal yang mudah memang. Tapi seiring berjalannya waktu pasti akan bisa kita lakukan kok. Yang penting jangan berhenti belajar dan berusaha untuk menjadikan kekurangan kita tersebut sebagai sesuatu yang berguna. Baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Intinya, daripada fokus pada orang lain, sibuk membandingkan diri, merasa rendah dan selalu pesimis, lebih baik kita mulai fokus pada apa yang ada di diri kita. Semua orang punya kekurangan, tapi bagaimana caranya agar kekurangan tersebut membuka jalan kita menuju kesuksesan. Setuju guys?

Baca Juga: 5 Hal yang Terkadang Kamu Lupa Mensyukurinya

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You