Comscore Tracker

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!

Terhubung dengan diri secara mendalam!

Berkomunikasi sering kita jadikan cara untuk lebih terhubung dan dekat dengan orang lain, pastinya. Manusia memang dianugerahi kemampuan yang satu ini karena pada dasarnya kita memang saling membutuhkan satu sama lain. Makanya, jangan heran kalau bahkan untuk urusan komunikasi ini aja ada banyak ilmu dan teori yang bisa kita temukan dan pelajari.

Sayangnya, saking seringnya kita bicara soal cara berkomunikasi dengan orang lain, kita jadi lupa untuk juga berkomunikasi dengan diri sendiri. Padahal hal ini penting banget, terutama dalam 5 hal berikut, lho.

1. Agar kamu tau apa yang kamu harapkan pada dirimu sendiri

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!unsplash/Giulia Bertelli

Pertama, dengan sering berkomunikasi pada diri sendiri, kita akan terhindar dari kesalahpahaman. Kita jadi lebih tau ekspektasi seperti apa yang kita tanamkan pada diri dan bagaimana realitas yang sedang kita jalani. Alhasil, melalui komunikasi diri ini kita akan bisa menghilangkan gap antara diri kita yang sebenarnya dan diri kita yang ada dalam imajinasi.

2. Untuk mengenal dirimu yang sebenarnya

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!unsplash/Nijwam Swargiary

Namanya berkomunikasi, tentu tujuannya adalah untuk mengenal lebih jauh. Begitu pun juga dalam komunikasi pada diri sendiri ini. Kita akan lebih mengenal diri sendiri secara seutuhnya setelah sering berkomunikasi. Apa yang kita suka dan gak suka, apa yang membuat kita sering kecewa dan juga bahagia, apa yang kita inginkan di masa depan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini 5 Cara Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri

3. Menumbuhkan rasa cinta diri

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!pexels/Andrea Piacquadio

Banyak sekali pembahasan soal pentingnya self-love atau cinta diri yang pasti sudah pernah kalian baca kan, guys? Jika kalian ingin menumbuhkan rasa cinta diri ini, maka salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah dengan berkomunikasi lebih intens pada diri sendiri terlebih dahulu. Jalinlah kedekatan maka cinta itu akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

4. Memaksimalkan potensi yang ada

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!pexels/Andrea Piacquadio

Setelah melakukan komunikasi yang cukup sering dengan pasangan, kita pasti akan bisa mengetahui apa yang tersembunyi dalam diri kita. Salah satunya tentu potensi yang ada. Kita jadi bisa memaksimalkan potensi tersebut setelah mengetahuinya, setuju?

5. Untuk mewujudkan hidup yang bahagia versi kamu sendiri

Biasakan, Ini 5 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Diri Sendiri!pexels/Min An

Bagaimanapun juga, sejauh apa pun juga perjalanan hidup yang kita tempuh, semuanya adalah untuk mencari kebahagiaan. Maka, tanpa adanya komunikasi dengan diri sendiri ini, kamu gak akan bisa tahu pasti apa definisi bahagia itu menurut kamu pribadi. Kalau ingin bahagia, berkomunikasilah dengan dirimu. Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan demi dirimu dan apa yang seharusnya kamu hindari.

Komunikasi dengan diri adalah sesuatu yang sederhana namun justru paling sering dilupakan oleh orang kebanyakan. Entah karena merasa begitu bodoh jika melakukannya, atau bisa juga karena merasa bahwa dirimu gak berharga. Duh, jangan begitu dong. Bukankah manfaatnya sudah dipaparkan di atas? Mau mencoba kan?

Baca Juga: 7 Penyebab 'Language Barrier' yang Bikin Kita Kesulitan Berkomunikasi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya