Comscore Tracker

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrol

Jangan emosian gitu dong, gengs!

Cara berinteraksi setiap orang memang cenderung berbeda-beda. Ada yang kalem dan santai, namun tentu ada juga yang grasak-grusuk dan gampang terpancing emosi. Meski begitu, lawan bicara merupakan seseorang yang tentunya harus kita buat nyaman agar dia pun nyaman dalam menuturkan apa yang ingin disampaikannya.

Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana caranya agar ketika berkomunikasi dengan orang lain, kita gak akan dengan cepatnya bereaksi negatif. Mau tau lengkapnya? Yuk langsung ke poin di bawah ini, guys.

1. Cobalah untuk lebih berkonsentrasi saat orang lain bicara

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrolunsplash/NeONBRAND

Biasanya, yang menyebabkan kita gampang bereaksi negatif saat orang lain bicara adalah karena kita hanya mendengar sebagian kalimat yang dia ucapkan. Padahal, dalam berinteraksi kita wajib banget untuk benar-benar "hadir" dalam percakapan tersebut. Terutama jika kita ingin agar reaksi yang kita keluarkan menjadi sewajarnya sesuai dengan info yang diberikan lawan bicara kita.

2. Miliki pikiran positif terhadap lawan bicaramu

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrolunsplash/CoWomen

Jika dari awal kita sudah gak suka dan memiliki pikiran negatif soal lawan bicara kita, maka bisa dipastikan bahwa apa pun yang dia sampaikan akan selalu terasa negatif. Ujung-ujungnya kita pun gampang emosi dan memberikan respon yang gak menyenangkan padanya. Makanya, cobalah untuk berpikir positif atau minimal bersikap netral pada orang yang menjadi lawan bicara kita. 

Baca Juga: Harus Tahu, 7 Hal Ini Bikin Orang Lain Nyaman Ngobrol Sama Kamu

3. Sabar dan dengarkan kalimatnya sampai selesai

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrolunsplash/Ben White

Informasi yang diserap, jika hanya setengah-setengah maka sangat mungkin untuk menghasilkan suatu kesalahpahaman. Kita pun bisa bereaksi negatif yang berlebihan, seperti marah, mendorong, dan lainnya jika gak menyerap informasi yang diberikan dengan lengkap. Jadi, cobalah untuk mendengarkan kalimat yang disampaikan hingga selesai baru kamu perlu memberi respon.

4. Berusahalah untuk bersikap sewajarnya apapun yang dikatakan orang lain

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrolunsplash/Becca Tapert

Respon yang kita berikan saat sedang berinteraksi dengan orang lain sebenarnya selalu bisa kita kendalikan. Jadi, berusahalah untuk selalu memberi respon seadanya dan gak berlebihan ketika melakukan percakapan dengan siapa pun. Terutama jika kamu sadar bahwa dirimu sangat mudah bersikap defensif dan memberi respon negatif.

5. Sering-seringlah berinteraksi dengan orang lain agar terlatih

5 Cara Agar Kamu Gak Cepat Bereaksi Negatif saat Sedang Ngobrolunsplash/Joshua Ness

Salah satu cara agar kamu gampang mengendalikan diri dari respon negatif adalah dengan terus introspeksi diri dan gak berhenti belajar. Sering berinteraksi dengan orang lain sebagai ajang latihan tentu sangat dianjurkan. Ingat, selalu fokus dan miliki kesadaran bahwa kamu perlu lebih mengendalikan diri.

Gak jarang, orang yang gampang bereaksi negatif ketika diajak bicara justru membuat siapa pun malas untuk ngobrol sama orang tipe begini. Iya kan? Makanya, perbaiki cara kita berinteraksi dari sekarang. Siapa tahu suatu saat hal itu bisa menolong kita. Setuju?

Baca Juga: 5 Seni Berbicara Biar Jadi Teman Ngobrol yang Mengesankan!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya