Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmu

#IDNTimesLife Percayai keraguanmu hanya jika itu terbukti!

Jika kamu sering merasa ragu dalam mengambil sebuah keputusan, gak masalah, itu semua manusiawi banget kok. Kamu gak perlu merasa bersalah dan merasa sangat labil karena hal itu. Semua orang juga pasti akan dihadapkan pada sebuah keraguan terutama jika bersangkutan dengan keputusan besar dalam hidup.

Yang kamu perlu lakukan, adalah dengan menenangkan diri terlebih dahulu dan kemudian mengaplikasikan 5 langkah berikut nih. Yuk dicoba bareng-bareng!

1. Lakukanlah hal yang kamu ragukan tersebut dan lihat apa yang terjadi

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmupexels.com/rawpixel.com

Jika memang kamu meragukan sesuatu yang baik, yang akan membuat kamu menyesal jika gak mencobanya, maka gak ada salahnya lho untuk mencoba hal itu sekarang. Semakin lama kamu membiarkan diri berada dalam keraguan, maka akan semakin banyak alasan yang kamu buat demi menghindari melakukan hal tersebut. Jadi, lakukanlah dan cobalah sekarang sebelum terlambat!

2. Ajak orang lain yang sudah pernah melalui hal tersebut untuk berdiskusi

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmuunsplash/Mimi Thian

Jika kamu masih sering ragu dalam mengambil keputusan, maka ajaklah orang lain untuk berdiskusi. Terutama, orang-orang yang sudah pernah melakukan apa yang kamu ragukan tersebut. Jangan malu untuk menunjukkan bahwa kamu masih ragu, karena pasti ada orang baik di luar sana yang bersedia membantumu, kok.

3. Tanyakan pada dirimu kenapa keraguan itu terus muncul

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmupexels.com/Kaboompics.com

Sama pentingnya seperti kamu bertanya pada orang lain, bertanya pada diri sendiri juga gak boleh dilewatkan. Cari tau jawabannya dari dalam dirimu sendiri. Apa yang membuat kamu ragu, hal apa yang sebenarnya kamu takutkan, dan berbagai pertanyaan lainnya yang perlu kamu jawab dengan tegas. Pastikan bahwa semua jawaban tersebut benar-benar berasal dari hatimu yang terdalam.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!

4. Penyesalan apa yang akan terjadi jika kamu terus jadi orang yang selalu ragu

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmupexels.com/Leah Kelley

Jangan lupa untuk memikirkan soal penyesalan apa yang kira-kira akan kamu rasakan jika terus jadi orang yang selalu ragu. Penyesalan semacam ini akan menjadi motivasi pendorong agar kamu mau mencoba melakukan hal yang kamu ragukan tersebut. Lebih baik gagal tapi pernah mencoba daripada menyesal karena melewatkan kesempatan yang pernah datang sebelumnya, ya kan?

5. Yakinlah bahwa gak ada hal yang pasti di dunia ini, ragu wajar, tapi tetaplah mencoba!

5 Cara Cerdas Hilangkan Keraguan yang Selalu Menghalangi Langkahmupexels.com/Andrea Piacquadio

Satu-satunya hal yang pasti di dunia ini hanyalah perubahan. Jadi, wajar banget jika kamu terus menerus dihantui perasaan ragu setiap kali harus menghadapi hal baru. Ini manusiawi dan kamu gak perlu takut karena terus merasakannya. Yang perlu kamu lakukan adalah tetap mencoba dan hadapi keraguanmu dengan membuktikannya secara nyata.

Menjadi orang yang selalu merasa ragu bisa membuat kamu melewatkan berbagai hal. Beberapa jalan yang bisa kamu coba adalah dengan tetap memberanikan diri, meminta pendapat orang lain, dan gak mengabaikan hati nuranimu. Siap belajar untuk gak lagi ragu-ragu dalam bertindak?

Baca Juga: 6 Tips Biar Tetap Semangat Kerja Meski di Rumah Aja, Semangat Ya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya