Comscore Tracker

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melanda

Jangan memelihara perasaan negatif!

Sebagai manusia, tentu wajar rasanya jika tiba-tiba suasana hati kita berubah. Entah itu karena faktor luar seperti orang sekitar yang rese abis, atau juga karena faktor dalam diri kita. Kita tentu langsung menyadari begitu suasana hati kita mulai berubah dan mempengaruhi kinerja ataupun segala yang kita kerjakan. 

Saat suasana hati mulai berubah inilah, wajib banget bagi kita untuk mengendalikannya dan mengembalikan perasaan kita ke mood semula. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan nih. 

1. Mengalihkan perhatian ke hal lain

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melandaunsplash/Mimi Thian

Biasanya, ada satu hal utama yang membuat suasana hati kita berubah. Apapun itu, jika kita ingin mengembalikan mood menjadi kembali baik, maka kita harus mencari pengalih perhatian saat itu juga. Jika berada di ruangan, keluar dari tempat itu mungkin bisa jadi solusi. 

2. Tarik napas panjang lalu buang

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melandaunsplash/Thu' Anh

Menarik napas yang panjang kemudian membuangnya secara perlahan akan membantu tubuhmu untuk kembali rileks. Tubuh yang gak tegang juga akan mengirimkan sinyal ke otakmu untuk mulai berpikir secara lebih realistis. Kemudian, kamu akan menyadari bahwa moodmu sudah mulai memburuk dan perlu diperbaiki kembali.

Baca Juga: Kehilangan 6 Benda Ini Bisa Merusak Mood Seharian, Setuju?

3. Berpindah posisi badan

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melandaunsplash/Aziz Acharki

Jika saat bad mood melanda itu kamu sedang dalam posisi duduk, cobalah untuk berdiri, begitupun sebaliknya. Atau, cobalah untuk berbaring atau lainnya. Intinya, gantilah posisi tubuhmu dari keadaannya semula. Kamu pasti akan mampu memikirkan hal lain dan perasaan bad mood juga bisa kamu singkirkan.

4. Mengingat Sang Pencipta

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melandaunsplash/Giulia Bertelli

Apapun agamamu, mengingat Tuhan sebanyak mungkin dalam hati, pasti akan bisa membuat kamu lebih menyadari soal perasaan yang sedang kamu rasakan. Energi negatif apapun yang ada dalam diri juga akan bisa tergantikan begitu kita mulai mengingat Sang Pencipta. Semua itu karena kita jadi lebih mengingat bahwa diri ini hanyalah makhluk dan semuanya harus diserahkan pada Yang Kuasa.

5. Memikirkan hal-hal menyenangkan

5 Cara Mengembalikan Suasana Hati Setiap Kali Bad Mood Melandaunsplash/Alex Alvarez

Hal-hal menyenangkan juga bisa membuat moodmu menjadi lebih baik. Apapun hal menyenangkan itu, bisa jadi rencana liburan yang sebentar lagi akan ter-realisasi, atau pertemuan kemarin dengan pasangan yang berisi hal-hal manis, semuanya bisa kamu ingat ulang kembali dalam benakmu. Kamu pasti akan tersadar bahwa di dunia ini gak semua kejadian menyebalkan kok. Terkadang ada juga sesuatu yang menyenangkan.

Mood yang berubah bisa mempengaruhi cara kita bersikap ataupun melakukan sesuatu. Sehingga, bagaimanapun juga, mengembalikan suasana hati untuk kembali tenang sangat perlu untuk kita lakukan. Siap mencoba 5 tips tadi?

Baca Juga: 5 Tips Mengendalikan Emosi di Kantor, Supaya Gak Bad Mood Seharian

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya