Comscore Tracker

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidup

#PanjatPoin Komentar negatif bukan untuk ditelan bulat-bulat

Menjalani kehidupan bersosial tentu kita gak akan bisa lepas dari yang namanya komentar orang lain. Mendapat cibiran negatif pasti pernah dirasakan semua orang. Pasalnya, ada banyak orang di luar sana yang suka sekali mencampuri urusan orang lain dan merasa dirinya paling benar. Hal inilah yang menyebabkan kita seolah selalu melakukan kesalahan di mata orang lain yang bahkan mungkin gak kita kenal.

Ada berbagai reaksi dan respons yang bisa kita berikan ketika mendapat komentar negatif. Dari yang bersifat negatif pula seperti marah, balas nyinyir, menangis sendirian, atau yang sifatnya negatif seperti misalnya menjadikan hal itu sebagai motivasi hidup kita. Lho kok bisa? Bagaimana cara menjadikan komentar negatif sebagai motivasi? Ini nih caranya.

1. Tanamkan dalam benakmu bahwa orang yang berkomentar negatif tanda mereka peduli

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidupunsplash/Rosie Fraser

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyayangi orang yang memberi komentar negatif tersebut. Cobalah untuk gak membencinya dan menyadari sepenuhnya bahwa ketika mereka memberi komentar, itu adalah tanda bahwa mereka peduli.

Mereka meluangkan waktunya yang berharga hanya untuk melihat bagaimana kamu menjalani hidup, dan memberikan komentar terhadap hal-hal yang dirasanya tidak benar. Bukankah menyenangkan kalau ada yang peduli padamu?

2. Atau, kamu juga bisa menganggap bahwa mereka hanya iri

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidupunsplash/Bewakoof.com Official

Atau, jika komentar negatif yang diberikan sudah dirasa keterlaluan dan tidak pada tingkat saran yang membangun, maka memang susah sih untuk menganggap semua itu sebagai bentuk kepedulian. Jadi, kamu bisa kok beranggapan bahwa mereka hanya iri dan sangat ingin berada di posisimu. Berarti kamu wajib bersyukur karena saat ini sedang berada di titik yang orang lain inginkan.

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Komentar di Sebuah Pos Medsos

3. Saatnya menunjukkan yang terbaik yang bisa kamu lakukan

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidupunsplash/Green Chameleon

Dari semua komentar negatif yang kamu dapatkan, saatnya berusaha untuk melakukan yang terbaik. Kamu gak perlu memenuhi ekspektasi semua orang karena kamu juga bukan hidup untuk mereka. Namun, cukup lakukan semua yang kamu kerjakan saat ini dengan cara terbaik versimu sendiri dan biarkan kesuksesanmu yang membuktikan segalanya suatu saat nanti.

4. Tapi ingat, jangan pernah berperilaku sama seperti mereka

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidupunsplash/Annie Gray

Menjadikan komentar negatif sebagai motivasi hidup memang gak semudah teorinya. Karena memang semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin yang berusaha merobohkannya. Yang terpenting adalah jangan membalas keburukan orang lain dengan sesuatu yang jahat pula. Semua itu gak akan memberi manfaat apapun kepadamu. 

5. Tetaplah baik dan jadi dirimu apa adanya

5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidupunsplash/Ethan Sykes

Justru, jadilah orang yang tetap berpikir dan berperilaku positif. Kebaikanmu akan mampu membuat orang-orang yang telah berkomentar negatif tersebut jadi minder dan malu sendiri. Inilah kenapa kebaikan justru jadi balas dendam terbaik terhadap berbagai kejahatan. 

Motivasi memang gak selalu datang dari hal-hal baik. Bahkan berbagai hal negatif juga bisa kita jadikan motivasi selama kita mampu mengelola cara berpikir dan sudut pandang kita terhadap suatu masalah. Gak akan emosi lagi kan kalau mendapat komentar negatif?

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat Pesimis

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya