Comscore Tracker

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimal

Hargai waktu maka hidupmu akan bermakna

Waktu adalah sesuatu yang kita miliki namun jarang sekali kita syukuri keberadaannya. Coba deh renungkan kembali berapa banyak waktu kita selama hidup ini yang kita gunakan dengan percuma, bermain gadget berjam-jam, ngobrol ngalor ngidul berlama-lama, dan lain sebagainya.

Bayangkan, saat kita tengah membuang waktu dengan percuma seperti itu, ada orang lain di luar sana yang sedang berjuang demi kesuksesan, yang selalu gak pernah menyerah untuk menuju apa yang ingin dicapainya.

Lalu, kenapa kita berkeluh kesah dan suka membandingkan diri dengan orang-orang yang sudah sukses? Padahal jelas-jelas usaha kita tidak ada apa-apanya sama sekali? So, mau kan belajar bareng-bareng gimana caranya biar bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal? 

1. Bekerja atau belajar, dan melakukan setiap kegiatan sesuai porsinya

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalpexels/mentatdgt

Lakukan setiap kegiatan mu sesuai porsinya. Jangan sampai terlena dan berlebihan. Misal, untuk ngobrol dan bertemu teman, hal ini penting kok bagi kesehatan mentalmu, tapi jangan sampai waktumu habis hanya untuk urusan satu ini. Begitupun saat bekerja, belajar, main gadget, dan lainnya. Selama dilakukan dengan takaran waktu yang pas, pasti gak akan bikin waktumu sia-sia.

2. Ingat untuk beristirahat

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalpexels/Pixabay

Jika ingin sukses, kita memang harus berusaha, tapi jangan sampai lupakan istirahat. Masalah istirahat adalah hal yang gak bisa ditawar-tawar. Kamu boleh saja bekerja habis-habisan di masa muda, tapi kalau sampai melupakan istirahat, masa tuamu lah yang akan jadi korbannya. Gak mau kan?

3. Pandai menentukan prioritas

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalpexels/rawpixel.com

Agar waktu bisa digunakan dengan maksimal, kerjakanlah hal yang paling penting pertama kali. Biasakanlah untuk menentukan prioritas sebelum mulai menyibukkan diri dengan pekerjaan yang ada. Apalagi jika beban pekerjaanmu cukup banyak. Utamakan yang penting di awal agar gak kelabakan nantinya ya.

Baca Juga: Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

4. Tentukan target pada apapun yang kamu lakukan

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalunsplash/Franck V.

Pastikan kamu memiliki target, terutama berdasarkan jumlah pekerjaan yang harus selesai dalam kurun waktu tertentu. Atau bisa juga target harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan, apa-apa saja yang harus sudah bisa kamu raih dalam waktu tersebut. Dengan memiliki target seperti ini, kamu akan lebih gampang mengatur kehidupanmu, lho.

5. Jangan lupakan orang sekitar yang membutuhkan kehadiranmu

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalpexels/Lisa Fotios

Masalah waktu bukan cuma masalah dirimu sendiri. Ada orang-orang sekitar yang juga membutuhkan kehadiranmu secara fisik. Meskipun zaman sekarang sudah ada yang namanya video call dan lainnya, kehadiranmu tetap merupakan sesuatu yang penting. Kamu tetap harus mampu meluangkan waktu untuk keluarga dan orang tercinta.

6. Dunia bukan segalanya

Sederhana Kok, Ini 6 Cara Mudah Memanfaatkan Waktu dengan Maksimalpexels/Daniel Xavier

Yang terakhir, ingatlah bahwa dunia bukan segalanya. Mengejar dunia gak akan memberikan kamu keuntungan abadi. Jadi, berdoa dan berserah diri pada Yang Maha Kuasa juga merupakan salah satu prioritas yang jangan sampai kamu lupakan apalagi tinggalkan.

Sudah mulai bisa mengatur waktumu, gengs?

Baca Juga: Tepat Waktu Adalah Hal Kecil yang Berpengaruh Besar, Ini 5 Alasannya

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya