Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!

Agar masa depan kita menjadi lebih indah

Semua orang memiliki masa lalu. Semua orang, memiliki kisah suram yang ingin dilupakan. Namun, yang membedakan semuanya adalah apakah kamu termasuk yang sudah berdamai dengan masa lalu tersebut, atau hingga saat ini masih sering terjebak dalam nostalgia pahit yang ingin selalu disangkal.

Berdamai dengan masa lalu memang tidak semudah kedengarannya. Runtutan kisah panjang dan penggalan kepahitan yang masih terbayang akan jadi penghalang utama dari keinginan kita untuk berbaikan dengan masa lalu.

Namun, jika terus disangkal dan sekedar berusaha untuk dilupakan, apakah kamu yakin bahwa dirimu baik-baik saja? Bahwa tidak akan ada trauma masa lalu yang datang menghantui masa depanmu? Di sinilah pentingnya berbaikan dengan kisah pahit di masa lalu kita. Bagaimana caranya? Yuk simak poin-poin berikut.

1. Kembali mengingat apa saja hal menyakitkan yang ada di masa lalu

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!unsplash/Icons8 team

Poin tersulit dari berbaikan dengan masa lalu adalah kembali mengingat semuanya. Meski sulit dan bisa saja mengembalikan rasa sakitnya juga, namun ini harus dilakukan. Berpura-pura tidak mengingat masa lalu yang pahit hanya akan mempersulit kamu di masa yang akan datang.

2. Tidak berusaha menyangkal kejadian yang memang pernah terjadi

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!unsplash/Kevin Delvecchio

Kita harus keluar dari jebakan yang membuat kita menyangkal semua yang pernah terjadi di masa lalu. Mengakuinya dan merenunginya dengan sungguh-sungguh justru akan membuat kita merasa lebih lega. Merasa yakin bahwa semua itu hanyalah masa lalu yang tidak akan terjadi dan terulang kembali.

Baca Juga: 5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!

3. Menelisik lebih dalam pada diri sendiri

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!unsplash/Annie Gray

Setelah semua pengakuan tersebut, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengenalan terhadap diri sendiri. Mengenali lebih dalam tentang apa yang membuat kita merasakan sakit, siapa yang paling kita ingat dari tragedi masa lalu, serta bagaimana cara yang tepat agar kita bisa memaafkan segala kenangan pahit yang ada.

Proses pengenalan ini diperlukan agar hati kita menjadi tenang dan perasaan kita bisa lebih lega.

4. Kemudian, belajar memaafkan siapapun yang terlibat dalam masa lalu itu termasuk dirimu sendiri

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!unsplash/Nijwam Swargiary

Agar mampu berbaikan dengan masa lalu bahkan yang paling menyakitkan sekalipun, satu-satunya kunci adalah dengan memaafkan. Hanya dengan memaafkanlah kita bisa menerima segalanya dengan lapang dada. Memaafkan semua yang terlibat dalam kisah masa lalu tersebut, termasuk juga diri kita sendiri.

Karena seringkali, kita justru terjebak dengan penyesalan dan rasa dendam akibat ketidakmampuan kita memaafkan diri sendiri.

5. Percaya bahwa kamu layak untuk masa depan yang lebih baik

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berdamai dengan Masa Lalu, Yuk Terapkan!unsplash/Becca Tapert

Setelah proses panjang untuk menerima serta memaafkan kisah masa lalu yang menyedihkan, maka semuanya sekarang terserah pada dirimu saja. Jika kamu yakin bahwa masa depan yang cerah dan membahagiakan layak untuk kamu dapatkan, maka masa lalu seburuk apapun akan bisa kamu tinggalkan jauh di belakang. 

Masa lalu jangan sampai membuat kita terjebak dan tidak bahagia. Siapapun berhak untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Siap untuk memaafkan masa lalumu?

Baca Juga: 5 Buku yang Bantu Kamu Berdamai dengan Diri Sendiri & Masa Lalu

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You