Comscore Tracker

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan Konsumtif

#IDNTimesLife Terapkan sebelum kebablasan!

Siapa nih yang baru habis gajian tapi tiba-tiba semuanya habis tak bersisa? Rasa-rasanya kok baru belanja beberapa barang tapi sudah gak ada yang bisa disisakan untuk tabungan? Wah, tampaknya kalian gak sendiri ya. Pasti banyak juga nih yang merasakan pengalaman yang sama.

Ujung-ujungnya, tabungan gak bertambah, yang bertambah justru barang-barang di rumah dan pakaian dalam lemari. Jika begini, maka kamu termasuk orang yang konsumtif dan harus segera mengubah kebiasaan tersebut, guys. Mau tau cara sederhananya? Yuk ikuti lima tips berikut. 

1. Menentukan skala prioritas

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan KonsumtifUnsplash.com/Gyorgy Bakos

Penting banget untuk kita agar bisa membedakan mana kebutuhan dan mana yang hanya berupa keinginan. Selanjutnya kebutuhan-kebutuhan tersebut juga perlu untuk diteliti kembali mana yang berada di urutan pertama dan mana yang masih bisa dibeli lain waktu. Ini untuk menghindari pengeluaran gak penting yang bisa ditekan atau dikurangi jumlahnya. 

2. Berhenti berusaha membuktikan apa pun pada siapa pun

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan Konsumtifpexels.com/Ylanite Koppens

Gaya hidup menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi konsumtif. Ketika membeli sesuatu, kita gak lagi mempertimbangkan tentang nilai kebutuhannya, tapi hanya berdasarkan pada seberapa banyak pujian yang akan didapat dengan memiliki barang tersebut.

Nah, jika kamu berada pada tahap ini maka sudah saatnya untuk memperbaiki mindset dan berhenti berusaha membuktikan apa pun pada siapa pun. Hiduplah untuk membahagiakan dirimu sendiri dan jangan terlalu mengambil pusing pendapat orang lain.

3. Biasakan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan Konsumtifunsplash.com/Artem Beliaikin

Buat kalian yang masih sering menjadikan alasan "khilaf" untuk sebuah pengeluaran gak penting, coba deh jangan sering menyalahkan keadaan. Karena, sebenarnya kalian punya kendali kok untuk semua itu. Cobalah untuk membiasakan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Pertimbangkan kegunaan, nilai, dan manfaatnya baru ambil keputusan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Tiba-tiba Mengubah Si Hemat Menjadi Si Boros

4. Lebih sering berbagi dengan yang membutuhkan

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan Konsumtifpexels.com/Kamaji Ogino

Untuk menekan kebiasaan berbelanja, salah satu cara yang bisa dicoba juga nih adalah dengan sering berbagi. Dengan rutin melakukan hal ini, kita akan semakin menghargai setiap rupiah yang dimiliki. Keinginan untuk lebih memiliki perencaan pun pasti akan ada. 

Karena, ada banyak orang yang lebih membutuhkan hal itu untuk sesuatu yang benar-benar penting, sementara kita mengeluarkannya hanya untuk membeli barang yang gak begitu bernilai. Kesadaran semacam itu pasti akan muncul pelan-pelan seiring berjalannya waktu. 

5. Membiasakan hidup minimalis

Jangan Boros, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mengelola Kebiasaan Konsumtifunsplash.com/Tyler Franta

Hidup minimalis mulai menjadi tren belakangan ini di kalangan kaum millennial. Buat kalian yang sudah merasa terganggu dengan kebiasaan konsumtif, mencoba hal satu ini boleh banget, lho. Selain lebih hemat, hidup kalian pun pasti akan terasa lebih tenang karena gak terbebani dengan banyak barang gak penting di rumah. 

Konsumtif bisa sangat mengganggu terlebih jika sudah mulai membuat kalian gak bisa menyisihkan penghasilan untuk menabung dan lain sebagainya. Membeli barang yang diinginkan boleh-boleh aja, tapi harus berdasarkan pertimbangan dan perhitungan yang tepat ya. Setuju?

Baca Juga: Bulan Puasa Bisa Bikin Makin Boros? Ini 5 Tips Hemat ala Anak Kos! 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya