Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diri

#ANGPOIN Bukan egois, tapi memprioritaskan diri

Seberapa sering dalam hidup ini kita menilai dan berusaha memahami orang lain? Sebaliknya, seberapa sering kita mengecek kembali soal diri kita sendiri? Apakah kita sudah memahami betul kelebihan dan kekurangan kita?

Melihat kembali dan menelaah ke dalam diri kita masing-masing tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan usaha yang gak setengah-setengah, terutama untuk menerima kekurangan diri kita dan mencintai diri ini apa adanya. Namun, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan self-awareness. Ini di antaranya.

1. Lihat ke cermin dan syukuri segala karunia yang diberikan kepadamu

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diriunsplash/Fares Hamouche

Tengoklah dirimu di cermin. Bayangan apa yang kamu lihat? Terlepas dari segala tampilan fisik yang ada, cobalah untuk bersyukur. Betapa indah ciptaan Tuhan yang tiada duanya ini. Tidak hanya fisik, sudahkah kamu juga merefleksikan isi hatimu?

Kamu dan segala sifat serta pemikiran yang kamu miliki merupakan suatu bentuk keajaiban yang diciptakan Yang Maha Kuasa. Yuk, lebih banyak bersyukur lagi!

2. Daripada menanyakan kenapa lebih baik tanyakan apa pada diri sendiri

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diriunsplash/Ifrah Akhter

Mempertanyakan kenapa hidupku seperti ini? gak akan membuat segala hal menjadi lebih baik. Kamu hanya akan semakin merasa tidak berguna dan tidak memiliki fungsi dalam lingkungan sosialmu. Sebaliknya, tanyakanlah apa yang bisa kulakukan agar hidupku bisa berarti? Dengan begini, kamu akan lebih mudah mencari makna hidup yang sebenarnya.

Baca Juga: 7 Quotes CL Tentang Kehidupan yang Akan Menginspirasimu

3. Fokus pada apa yang bisa dilakukan di masa depan dan bukan terpuruk karena kesalahan di masa lalu

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diriunsplash/Osman Rana

Self-awareness tidak akan muncul jika kamu terus-menerus memikirkan kesalahan yang sudah kamu lakukan. Mungkin ya, kamu akan lebih mengenali dirimu sendiri, namun dalam versi yang negatif. Kamu hanya akan meratapi semua kesalahan dan takut melangkah ke depan. 

Cobalah mulai sekarang untuk lebih menerima segala masa lalumu, bahkan yang pahit sekalipun. Melangkahlah ke depan dan cari tahu mimpi apa yang ingin kamu wujudkan.

4. Sadarilah bahwa hidupmu bukan untuk orang lain, tapi untuk dirimu sendiri

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diriunsplash/Clem Onojeghuo

Bukan egois, menyadari pentingnya mengutamakan diri sendiri justru akan membuat kamu menyadari posisimu di dunia ini. Kamu akan lebih mengerti bagaimana memperlakukan orang lain karena tahu bagaimana ingin diperlakukan oleh orang lain.

Self-awareness yang tinggi akan membuat kamu lebih peduli dan lebih memiliki jiwa sosial dibanding orang kebanyakan.

5. Berlatih mengendalikan emosi dengan menyadari bahwa semuanya ada dalam genggamanmu

5 Cara Sederhana Tingkatkan Self-Awareness agar Mampu Menghargai Diridonnabarnes.com

Self-awareness juga merupakan bentuk pengenalan terhadap diri sendiri. Kenali lebih dalam emosi apa yang paling sering kamu rasakan. Pilah-pilih kembali mana yang negatif dan mana yang positif. Terbukalah pada dirimu sendiri dan yakinkan bahwa tanpa emosi negatif, semua akan jauh lebih menyenangkan.

Sadari dengan sungguh-sungguh bahwa segala emosi ada dalam diri ini, bukan berada di luar kendali kita. Sadarilah bahwa kita punya kemampuan untuk mengendalikannya. Kamu pasti bisa membuang semua emosi negatif tersebut dan hanya menyisakan positifnya saja.

Mengenali diri sendiri merupakan bagian utama dari self-awareness. Memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna adalah pola pikir yang perlu dimiliki. Namun, lebih penting lagi untuk mengetahui bahwa kita semua sedang berproses untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga: Girls, 5 Toleransi yang Lebih Baik Kamu Berikan pada Pasangan

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You