Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!

#IDNTimesLife Rutin lakukan setiap hari!

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, tentu gak bisa dilakukan dengan instan. Ada usaha yang harus dilakukan dengan konsisten. Jika dimulai dengan hati dan tekad yang kuat, maka bukan gak mungkin kualitas diri kita akan meningkat. Secara kepribadian pun kita akan jadi semakin membaik.

Ketika kualitas diri sudah semakin baik, segala kebaikan akan datang kepada kita silih berganti. Bahkan, hal-hal yang terasa memberatkan pun bisa kita terima tanpa banyak mengeluh. Gak cuma itu aja, kita juga jadi lebih bisa membaca peluang yang datang, lebih memantaskan diri, dan siap menyambut kesuksesan. Mau tau gak caranya? Yuk simak poin berikut ini.

1. Sering melakukan positif self-talk

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!ilustrasi orang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membicarakan hal-hal positif kepada diri sendiri bisa jadi sebuah dorongan yang tanpa sadar membuat kita jadi lebih baik pula. Teruslah melakukan kebiasaan satu ini maka lambat laun alam bawah sadar kita akan mempercayai apa yang kita katakan tersebut. Sehingga terbentuklah kepribadian dan pikiran yang semakin positif.

2. Selalu haus ilmu dan gak malas untuk belajar hal baru

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!ilustrasi orang belajar (pexels.com/Artem Podrez)

Untuk meningkatkan kualitas diri tentunya kita juga wajib memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Bersiaplah untuk menyerap berbagai macam hal baru di sekitar kita sehingga gak ada lagi tuh yang namanya kita ketinggalan berita. Penting banget untuk mau belajar dan haus akan ilmu pengetahuan demi bisa membuat diri kita up to date.

3. Kelilingi dirimu dengan orang sukses

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Keira Burton)

Pikiran dan pola kehidupan yang positif akan lebih mudah diwujudkan jika kita berada di lingkungan yang juga positif. Sehingga, buat kalian yang ingin meningkatkan kualitas diri, kelilingilah diri kalian dengan orang-orang sukses yang juga menghabiskan waktunya dengan berkualitas. Sehingga, kalian akan menjadi lebih termotivasi dan gak mager lagi. 

Baca Juga: 5 Kunci Kesederhanaan Hidup yang Membuatmu Makin Bahagia

4. Konsumsi hal-hal bermanfaat

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Keira Burton)

Segala hal yang masuk ke dalam pikiran kita, baik melalui tontonan, bacaan, atau sekecil postingan sekalipun harus melalui seleksi yang ketat. Sebab, jika apa yang kita terima adalah hal-hal yang positif, maka hasilnya pun juga akan positif. Begitupun sebaliknya. Jadi, kalau mau lebih berkualitas, tontonlah dan bacalah semua yang juga berkualitas. 

5. Mulailah kebiasaan baik sejak sekarang

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Diri, Coba Sekarang Yuk!ilustrasi orang olahraga (pexels.com/Anna Shvets)

Beragam kebiasaan baik seperti bangun pagi, olah raga, menyusun jadwal, menentukan prioritas, dan lain sebagainya adalah sebuah pola yang akan terbentuk dan menjadi gambaran kepribadian kita. Makanya, memulai kebiasaan baik gak perlu ditunda lagi. Semakin lama kalian menundanya, semakin lambat pula kualitas diri kalian meningkat.

Banyak orang yang bercita-cita ingin sukses namun masih enggan meningkatkan kualitas dirinya menjadi lebih baik. Ujung-ujungnya, mereka hanya diam di tempat dan gak berhasil meraih impiannya tersebut. Yuk mulai coba lima cara di atas agar kualitas diri kita semakin baik, kepribadian pun semakin terbentuk, serta kesuksesan jadi semakin dekat. Siap?

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya